Kode Etik dan Perilaku

Ethics and Conduct Office

Kode Etik dan Perilaku

Ketika Anda bekerja di perusahaan besar seperti Vale, berarti setiap hari Anda berhubungan dengan aneka audiens - mulai dari rekan kerja, pemasok, pelanggan, masyarakat, dll. Secara terus menerus kita juga harus berurusan dengan aset Perusahaan yang berwujud dan tidak berwujud. Semua bentuk hubungan ini harus dipandu dengan standar-standar etika yang tinggi, yang dinyatakan dalam Kode Etik Perilaku kita. Penting artinya bagi semua orang untuk mengetahui dan memahami dokumen ini. Untuk mempelajarinya, silakan mengakses menu-menu di bawah atau melalui kolom pencarian (Search) sesuai dengan topik yang ingin Anda ketahui.

Silakan lakukan pencarian mengenai Kode secara interaktif atau unduh PDF-nya.

 

1 Tentang kode etik perilaku kami

Hal-hal yang kami yakini

Misi kami adalah mengubah sumber daya alam menjadi kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan.

Visi kami adalah menjadi perusahaan sumber daya alam global nomor satu dalam menciptakan nilai jangka panjang, melalui keunggulan dan semangat bagi masyarakat dan bumi ini.

 

Kami akan mencapai Visi kami dengan bekerja secara etis, menjaga reputasi perusahaan kami dan mengikuti Nilai-nilai kami:

  • Kehidupan adalah hal yang terpenting
  • Menjaga kelestarian Bumi
  • Melakukan hal yang benar
  • Menghargai karyawan
  • Bersama-sama menjadi lebih baik
  • Mewujudkan tujuan

Kami percaya bahwa hidup lebih penting daripada barang-barang materi dan angka-angka keuangan, dan kami menggabungkan visi ini dalam keputusan bisnis kami.

Kami berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi, sosial dan lingkungan dalam keputusan bisnis kami.

Kami membangun hubungan berdasarkan kepercayaan dan melaksanakan komunikasi yang terbuka dan transparan, bertindak dengan rasa hormat dan integritas.

Kami mempercayai manusia dan membangun lingkungan kerja yang diinginkan oleh semua orang. Kami mendorong pengembangan profesional dan pribadi serta mengakui prestasi setiap orang.

Kami percaya pada kekuatan kerja tim dan kolaborasi antar departemen dan tingkat hierarkis, mengejar penyederhanaan, peningkatan berkelanjutan dan nilai jangka panjang.

Kami terlibat, bertanggung jawab dan disiplin dalam upaya kami untuk mencapai hasil dan mengatasi tantangan. Kami bertindak dengan fokus meraih keunggulan.

Siapa saja yang harus mematuhi
Kode Etik Perilaku kami

 

Secara umum aturan etika yang terkandung dalam Kode Etik ini harus dipatuhi oleh anggota Dewan Direksi Vale dan komite penasehatnya, juga oleh anggota Dewan Audit, pejabat eksekutif tertinggi dan pejabat eksekutif lainnya, karyawan tetap, karyawan magang, penyedia layanan dan orang lain yang bertindak atas nama Vale atau anak perusahaannya. Organisasi lain di mana Vale memegang saham juga harus mematuhi aturan Kode Etik Perilaku ini semaksimal mungkin.

Bagaimana caranya melaksanakan
Kode Etik Perilaku

Kita harus memahami dan menghormati Kode Etik Perilaku kita, serta kebijakan dan aturan Vale lainnya, peraturan yang berlaku di lokasi kita beroperasi dan peraturan lainnya yang berlaku internasional.

 

Jika suatu undang-undang atau adat istiadat setempat bertentangan dengan Kode
Etik Perilaku kita, maka kita harus selalu mengikuti kriteria atau standar etika tertinggi dalam berperilaku.

Beberapa situasi kadang sulit untuk ditafsirkan. Jika Anda tidak yakin bagaimana bertindak,
gunakan pertanyaan berikut untuk mengevaluasi perilaku Anda:

  • Apakah tindakan tersebut mematuhi Kode Etik, kebijakan, nilai, dan hukum yang berlaku?
  • Yakinkah saya bahwa tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain atau pejabat setempat di perusahaan?
  • Jika tindakan saya dipublikasikan di surat kabar atau di-posting online, apakah itu membahayakan reputasi Vale atau diri saya sendiri?
  • Apakah saya akan merasa malu jika keluarga dan teman-teman mengetahui tentang tindakan saya itu?
Apakah tindakan tersebut mematuhi Kode Etik, kebijakan, nilai, dan hukum yang berlaku? Yakinkah saya bahwa tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain atau pejabat setempat di perusahaan? Jika tindakan saya dipublikasikan di surat kabar atau di-posting online, apakah itu membahayakan reputasi Vale atau diri saya sendiri? Apakah saya akan merasa malu jika keluarga dan teman-teman mengetahui tentang tindakan saya itu?

Jika Anda masih tidak yakin setelah melakukan analisa tersebut, merujuklah pada kebijakan Vale dan mintalah panduan dari manajer Anda, atau bagian Sumber Daya Manusia, Kantor Etika dan Perilaku, atau pejabat peraturan setempat yang sesuai. Jika Anda adalah penyedia layanan, bicaralah dengan perwakilan perusahaan Anda; jika Anda tidak mendapatkan solusi yang tepat, mintalah bantuan kontrak manajer Vale.

If you are a service provider, talk to your company’s representative; if you do not obtain a proper solution, ask your Vale contract manager for help.

2 Bagaimana seharusnya kita bertindak

Bekerja bersama memastikan
kesehatan dan keselamatan

Kami percaya semua pekerja memiliki hak mendapatkan lingkungan
kerja yang sehat dan aman. Kami menghormati komitmen kami
untuk mencapai Nihil Bahaya melalui praktik manajemen yang kuat,
peralatan dan fasilitas yang aman, serta evolusi perilaku dan
budaya berdasarkan Kepedulian Tulus Aktif.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Zero Harm:Nihil bahaya: Dorongan terus menerus untuk mencegah kerugian yang disebabkan oleh risiko terhadap kesehatan fisik dan mental. Tidak adanya kecelakaan, insiden, dan kejadian yang berdampak negatif terhadap kehidupan seseorang, lingkungan, dan masyarakat.

Dokumen rujukan

Kebijakan Keberlanjutan.

Menghormati
hak asasi manusia

Kami melindungi, menghormati, dan mempromosikan
hak asasi manusia serta memulihkan dampak yang mungkin
terjadi di seluruh rantai produksi, operasi, dan proyek kami.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Hak asasi manusia: Hak dan kebebasan semua orang seperti yang dijelaskan dalam Undang-undang Hak Asasi Manusia Internasional Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) dan konvensi dasar Organisasi Buruh Internasional (ILO).

Penduduk asli dan komunitas tradisional: Individu dan kelompok yang berasal dari tempat tertentu, secara kultural berbeda dari penghuni berikutnya dan mengakui identitas unik serta metode organisasi sosial mereka. Individu dan kelompok yang menempati dan menggunakan wilayah dan sumber daya alam sebagai bagian dari mata pencaharian budaya, sosial, agama, leluhur dan ekonomi mereka, menggunakan pengetahuan, inovasi dan aturan yang diturunkan melalui tradisi.

Wilayah terdampak: Wilayah yang digunakan oleh proyek atau operasi atau wilayah dimana risiko dan dampak sosial-lingkungan dipetakan pada proses perizinan.

Dokumen rujukan

Kebijakan Hak Asasi Manusia dan Kebijakan.

Lihat semua

Menggalakkan
lingkungan kerja yang
inklusif dan beragam

Kami menghargai keragaman dan memberikan peluang
berdasarkan prestasi kepada semua orang, tanpa kecuali.
Kami memastikan bahwa setiap orang dapat mengembangkan
potensi mereka, terlepas dari budaya, ide, pendapat, keterbatasan,
jenis kelamin, etnis, asal, keyakinan politik, keyakinan agama,
generasi, status sipil, status keanggotaan serikat, kelas sosial,
orientasi seksual, dan tingkat pendidikan. Kami berkomitmen
untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan kaya dialog
di mana semua orang merasa disertakan.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Menghargai: Mengizinkan orang lain untuk mengemukakan pendapat tanpa membedakan atau menghukum mereka. Mengakui, menerima, dan menghargai kualitas dan hak orang lain serta memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

Perundungan: Serangan berulang-ulang terhadap orang menggunakan kata-kata atau bahasa tubuh yang kasar atau tidak pantas, komentar jahat, prasangka atau hinaan diskriminatif, intimidasi, gosip atau lelucon yang tidak pantas yang mempermalukan orang dan/atau bahkan menyebabkan mereka meninggalkan pekerjaan.

Pelecehan seksual: Menempatkan seseorang dalam tekanan untuk mendapatkan keuntungan atau bantuan seksual; melakukan pendekatan seksual yang tidak dikehendaki, komentar atau lelucon tak senonoh serta mengamati dengan cara tak senonoh; menjanjikan atau memberikan pekerjaan, promosi, kenaikan gaji atau perlakuan khusus sebagai imbalan atas kesenangan seksual; sentuhan yang tidak pantas atau tidak diinginkan; memposting atau membagikan gambar, objek atau materi yang tidak senonoh; atau sekedar menempatkan seseorang dalam konteks seksual yang tidak diinginkan.

Kebebasan berserikat dan berunding secara kolektif: Kebebasan untuk bergaul dengan serikat pekerja, terlepas dari ukuran atau relevansinya, tanpa mengalami diskriminasi. Lebih jauh lagi, kebebasan untuk mengemukakan pendapat dalam negosiasi berkala untuk perjanjian perundingan kolektif serta menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh serikat pekerja.

Dokumen rujukan

Kebijakan Sumbar Daya Manusia, Kebijakan Hak Asasi Manusia dan Kebijakan Budaya./p>

Lihat semua

Peduli pada
lingkungan

Kami mengelola risiko dan dampak dengan tujuan Nihil Bahaya
bagi karyawan dan masyarakat di mana kami hadir. Kami
berusaha untuk diakui oleh semua pemangku kepentingan
sebagai agen yang menghasilkan warisan sosial, ekonomi dan
lingkungan yang positif di wilayah tempat kami beroperasi,
sehingga kami dapat memperoleh lisensi sosial.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Social license: Lisensi sosial: Penerimaan dari masyarakat, pemangku kepentingan perusahaan dan masyarakat umum, terutama dari komunitas lokal, mempertimbangkan dimensi persetujuan global, hukum dan sosial dalam melaksanakan praktik bisnis perusahaan.

Tanggung jawab lingkungan: Kewajiban (secara hukum atau sukarela) untuk memulihkan area yang rusak atau meremediasi area yang terkontaminasi.

Environmental incident: Non-planned event that resulted in, or that could have resulted in, an environmental impact.

Insiden lingkungan: Peristiwa tidak direncanakan yang mengakibatkan, atau yang bisa mengakibatkan, dampak lingkungan.

Peraturan lingkungan: Kondisi, pembatasan, tindakan pengendalian dan program sosio-lingkungan yang dijelaskan dalam izin atau proses perizinan.

Dokumen rujukan

Kebijakan Keberlanjutan.

Lihat semua

Bersaing
dengan jujur

Kami percaya bahwa persaingan bebas merupakan cara terbaik untuk
mempromosikan lingkungan bisnis yang adil dan sehat. Kami bertindak
dengan integritas dan mempromosikan lingkungan bisnis yang bebas dari
penipuan dan manipulasi. Kami berkomitmen untuk berbagi data yang
berkualitas tinggi dan akurat baik secara internal maupun eksternal,
memastikan bahwa tidak ada informasi relevan yang dihilangkan.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Informasi publik: Informasi yang dapat dibagikan dengan publik eksternal dan tersedia di ranah publik, seperti situs web kelembagaan Vale dan lainnya yang telah dibagikan kepada pemegang saham dan media massa melalui pejabat divisi yang berwenang.

Pencucian uang: Praktik yang bermaksud menyembunyikan atau menyamarkan asal, kondisi, lokasi, ketersediaan, pergerakan, atau kepemilikan barang, nilai, aset keuangan, warisan, atau hak, dan/atau upaya dengan cara yang melanggar hukum untuk menghalangi pelacakan asal mereka atau untuk memalsukan legalitas mereka.

Menghindari
benturan kepentingan

Ketika mengambil keputusan atas nama Vale, kita hanya
mempertimbangkan kepentingan perusahaan. Kita tidak pernah
mempengaruhi atau membuat keputusan yang menghasilkan manfaat
yang tidak patut bagi diri kita sendiri atau bagi orang-orang
yang memiliki hubungan dengan kita, bahkan jika tindakan kita
tidak menyebabkan kerugian apa pun bagi perusahaan.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Benturan/konflik kepentingan: Konflik yang terjadi ketika seseorang bertindak, memengaruhi, atau membuat keputusan yang dimotivasi oleh kepentingan yang berbeda dari Vale. Penyebabnya bisa karena hubungan tertentu dan dapat terjadi saat melakukan kegiatan di dalam atau di luar perusahaan, atau karena manfaat yang ditawarkan kepada Anda atau karena pihak ketiga.

Kerabat: Dalam Kode Etik ini, yang dimaksud kerabat adalah suami/istri, pacar, ayah, ibu, ayah tiri, ibu tiri, anak, anak tiri, mertua, menantu, saudara kandung, saudara ipar, kakek-nenek, cucu, paman dan bibi, keponakan, ibu mertua dari saudara kandung, dan sepupu pertama.

Keputusan terkait karier: Mempengaruhi atau mendefinisikan evaluasi yang berkaitan dengan karir dan suksesi, kinerja, promosi, transfer, penugasan ekspatriat, pemberhentian, tunjangan, atau gaji.

Bergantung secara finansial: Orang yang bergantung sepenuhnya atau sebagian pada pendapatan pihak ketiga untuk kehidupan mereka.

Pembayaran atau manfaat: Setiap jenis hadiah, ramah-tamah atau barang-barang dan jasa bernilai uang, termasuk uang, diskon, voucher, tiket pesawat, akomodasi dan pinjaman

Lihat semua

Memerangi
korupsi

Kami tidak akan menoleransi korupsi dan percaya bahwa
penyalahgunaan kekuasaan yang dipercayakan untuk keuntungan
pribadi bukanlah cara yang adil untuk menjalankan bisnis.
Vale melarang keras untuk menawarkan atau menerima hadiah,
bantuan atau apapun yang bernilai uang, secara langsung atau
tidak langsung, untuk memengaruhi keputusan secara tidak
benar atau mendapatkan keuntungan yang tidak adil,
mengingat hal tersebut bisa dianggap penyuapan.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Korupsi: Penyalahgunaan kekuasaan atau otoritas untuk memperoleh keuntungan atau untuk memengaruhi keputusan. Tindakan korupsi yang paling umum adalah penyuapan.

Suap: Tindakan menawarkan, menyumbang, atau menerima sesuatu yang bernilai uang sebagai ganti perlakuan yang tidak semestinya kepada, atau oleh, perusahaan, pejabat pemerintah atau otoritas pemerintah.

Hal-hal bernilai uang: Apa pun yang memberikan manfaat, termasuk uang tunai atau yang setara, barang atau properti, hadiah, ramah-tamah. Hal ini juga mencakup manfaat yang tidak nyata, seperti informasi dari orang dalam, tips saham, atau bantuan dalam mengatur transaksi bisnis.

Pembayaran fasilitasi: Pembayaran yang dilakukan untuk mempercepat atau menjamin terselesainya prosedur pemerintahan umum, seperti proses untuk memperoleh perijinan atau lisensi.

Dokumen rujukan

Kebijakan Anti-Korupsi.

Lihat semua

Memakai sumber daya
perusahaan dengan benar

Aset Vale harus digunakan hanya untuk melakukan kegiatan profesional
yang diperlukan untuk menjalankan bisnis perusahaan.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Bekerja
dengan pemasok

Kami beroperasi dalam kemitraan dengan perusahaan lain dalam
berbagai ukuran di sejumlah lokasi. Kami percaya bahwa pemasok
harus dipilih dan dikelola dengan cara yang jujur, transparan dan etis.
Kami hanya bekerja dengan pemasok yang mempraktekkan Nilai-nilai
perusahaan kami.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Pemasok: Perusahaan yang memasok barang, jasa atau layanan konsultasi.

Penawar: Perorangan atau badan hukum yang secara resmi mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok Vale.

Dokumen rujukan

Kode Etik Perilaku Pemasok dan Kebijakan Anti-Korupsi.

Bertukar
hadiah

Kami mendorong untuk memelihara dengan baik hubungan antara Vale
dan pemangku kepentingan eksternal yang berbeda. Bertukar hadiah atau
ramah-tamah dapat membantu membangun atau meningkatkan hubungan
profesional. Namun, praktik ini tidak boleh dilakukan untuk memengaruhi
keputusan atau memperoleh keuntungan yang tidak patut.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Hadiah: Termasuk barang-barang seperti minuman anggur, bunga, voucher, parsel dan tiket acara hiburan atau pertadingan olahraga atau penerbangan.

Keramah-tamahan: Hiburan sosial apa pun yang digunakan untuk mempromosikan Vale dan bisnisnya, seperti perjalanan atau transportasi ke lokasi Vale, makanan, atau tiket ke acara olahraga, konser, atau acara sosial lainnya.

Pemangku kepentingan ekesternal: Kelompok eksternal yang memiliki hubungan dengan kita, termasuk klien, pemasok, penyedia layanan, media massa, investor, komunitas, dan pejabat pemerintah atau pihak berwenang.

Dokumen rujukan

Kode Etik Perilaku Pemasok dan Kebijakan Anti-Korupsi.

Lihat semua

Melindungi
informasi kita

Kita bertindak secara proaktif untuk melindungi informasi digital,
cetak, dan intelektual Vale, karena informasi ini merupakan keunggulan
kompetitif yang penting. Kita harus memahami bahwa semua informasi
yang dihasilkan melalui aktivitas kita di perusahaan adalah milik Vale.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

Definisi

Informasi publik: Lihat definisi di bagian "“Bersaing dengan jujur”.".

Dokumen rujukan

Kebijakan Keamanan Informasi.

Mewakili
Vale

Vale diwakili secara kelembagaan dengan tugas yang berbeda-beda,
yang berinteraksi dengan klien, pemerintah, investor, pemegang saham,
wartawan, komunitas dan karyawan, dan pihak-pihak lainnya. Kami
percaya hubungan ini harus didasarkan pada saling menghormati dan
keselarasan dengan Nilai-nilai perusahaan kami, terlepas dari lokasi dan
situasinya. Dialog selalu merupakan cara terbaik untuk menyelesaikan
konflik.

Klik disini untuk menyimak perilaku yang diharapkan

3 Kita penjaga Kode ini

Selalu mengikuti perkembangan

Ikuti kursus pelatihan wajib secara berkala yang kami berikan mengenai Kode Etik Perilaku dan topik terkait lainnya. Terus ikuti perkembangan semua kebijakan, aturan dan prosedur yang terkait dengan tugas Anda.

 

Melaporkan pelanggaran

Konsekuensi pelanggaran

Pelanggaran terhadap Kode Etik ini dan kebijakan Vale lainnya, aturan, prosedur, dan panduan akan mengakibatkan konsekuensi bagi pelanggar yang bisa berupa peringatan lisan atau tertulis, penangguhan, atau pemecatan. Tindakan disipliner diterapkan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan setiap pelanggaran sesuai panduan dari Komite Etika Vale, dan undang-undang yang berlaku.

 

Tanggungjawab terhadap Kode ini