Melaporkan dugaan

Ethics and Conduct Office

Melaporkan dugaan

Ethics and Conduct Office, yang tersedia bagi pemangku kepentingan internal dan eksternal Vale, merupakan alat bantu komunukasi yang proaktif, transparan, independen, dan tidak memihak untuk melaporkan pelanggaran atau dugaan pelanggaran butir-butir mana pun yang dijelaskan dalam Kode Etik dan Perilaku kami.

Ini termasuk kemungkinan penyimpangan akunting atau kejanggalan, atau masalah lain apa pun yang terkait dengan akunting, audit, kontrol internal, standar, kebijakan, etika, hak asasi manusia, atau lingkungan. Ethics and Conduct Office juga dapat digunakan ketika mekanisme sehari-hari Vale untuk menyelesaikan masalah, seperti pusat panggilan, tidak memberikan solusi yang memadai atas masalah yang sudah dilaporkan.

Jika Anda memiliki pertanyaan khusus terkait Kode Etik dan Perilaku atau Ethics and Conduct Office, silakan lihat Pertanyaan Umum kami. Jika Anda ingin mengajukan pertanyaan yang tidak dibahas dalam Pertanyaan Umum atau tentang topik lain apa pun, silakan gunakan saluran komunikasi – Kontak kami.

Sebelum menyampaikan tuduhan
Cara membuat tuduhan dan siapa saja yang bisa membuatnya
Bagaimana investigasi tuduhan dilakukan?

Sebelum menyampaikan tuduhan

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang pelanggaran yang dituduhkan untuk membantu penyelidikan.

  • Nama depan dan belakang (baik korban dan terduga) dan ID karyawan
  • Tempat kejadian (lokasi, kota, negara)
  • Saksi
  • Tanggal
  • Detail kejadian
  • Perusahaan, departemen, atau area yang terlibat
  • Informasi tentang dokumen atau kontrak yang terkait dengan pelanggaran
  • Informasi tambahan lainnya

Informasi di atas tidak wajib dalam penyampaian tuduhan, tetapi informasi tersebut dapat mempercepat proses penyelidikan.

Cara membuat tuduhan

Anda dapat mengirim tuduhan dengan lima cara berbeda:

Perhatian! Anda akan menerima nomor protokol saat Anda mengajukan tuduhan menggunakan formulir elektronik, telepon atau email. Akses platform online Ethics and Conduct Office, masukkan nomor protokol dan periksa status tuduhan Anda.

Catat nomor protokolnya. Nomor ini sangat penting bagi kami untuk menghubungi Anda!

Formulir elektronik:
Akses formulir elektronik pada halaman web Ethics and Conduct Office.

Klik disini



Telepon
Panggilan tidak berbayar dan ada nomor khusus untuk setiap negara. Nomor telepon dapat ditemukan di halaman web Ethics and Conduct Office.

Klik disini



Surat
Ethics and Conduct Office
P.O. Box 521 - ZIP Code 06320-971
Carapicuíba – São Paulo - Brazil

Klik disini

Pengaduan langsung
Langsung ke ombudsman, dengan perjanjian yang dapat dijadwalkan melalui telepon (+55 21 3485 3400).



Tindak lanjuti tuduhan Anda


Siapa yang bisa membuat tuduhan?

Siapa pun dapat memanfaatkan Ethics and Conduct Office, misalnya mereka yang merasa dirugikan oleh Vale karena melanggar Kode Etik Perilaku atau nilai-nilai Perusahaan atau mereka yang memiliki masalah yang belum terselesaikan melalui saluran harian Perusahaan.

  • Tuduhan dapat dibuat dalam bahasa resmi negara asal Anda, dan bila memungkinkan tuduhan tersebut harus dilengkapi detail yang cukup sehingga mendukung penyelidikan fakta-fakta yang dilaporkan.
  • Terlepas apakah pelapor yang mengajukan tuduhan membuka identitas diri mereka atau tidak, anonimitasnya akan selalu dijamin.
  • Tuduhan anonim akan diselidiki asalkan dilengkapi data dan informasi yang mencukupi yang memungkinkan dilakukannya penyelidikan yang tepat dan diizinkan oleh undang-undang negara.

Perhatian: tuduhan berbeda dengan kritik atau keluhan. Pada beberapa situasi, tuduhan mungkin akan dirujuk ke HR atau manajer setempat. Tetapi jika Anda merasa malu atau takut akan pembalasan, Anda dapat dan sebaiknya menghubungi saluran-saluran pelaporan Ethics and Conducts. Untuk menghapus keraguan, Vale juga menyediakan saluran komunikasi Contact Us yang tersedia di situs web kami dan yang berhubungan dengan audiens internal dan eksternal.

Bagaimana investigasi tuduhan dilakukan?

Ethics and Conduct Office bertanggungjawab langsung kepada Administration Counsel Vale dan karena itu tidak memihak dalam menjalankan pekerjaannya, terutama dalam penyelidikan tuduhan. Anda dapat mempercayai kami! Kerahasiaan dijamin dalam semua kasus dan tuduhan apa pun akan diterima dan diperlakukan dengan hati-hati oleh tim yang bertanggung jawab.

Untuk menangani tuduhan, ada proses formal yang dilakukan oleh Ethics and Conduct Office.

  • Pelapor

    Pelapor mengajukan tuduhan melalui salah satu Saluran Pelaporan Ethics and Conduct Office.
  • Review

    Tuduhan ditinjau untuk memeriksa apakah dilengkapi informasi yang cukup untuk proses penetapan dan kemudian diklasifikasikan menurut kekritisan dan topiknya.
  • Verifikasi

    Setelah analisis, tuduhan ditetapkan dan diinformasikan kepada para pemangku kepentingan.
  • Penutupan

    Untuk kasus yang telah dikonfirmasi, hasil penetapan dibagi dengan pimpinan dan rencana tindakan ditentukan untuk menangani masalah yang diidentifikasi.
  • Umpan balik

    Hasil penyelidikan akan dikirim ke pelapor yang mengajukan tuduhan dan rencana tindakan dijalankan oleh orang yang berwenang.