Tentang Vale

Kepemimpinan

Dewan Direksi Eksekutif Vale terdiri dari seorang CEO, yaitu Murilo Ferreira, dengan tujuh Direktur Eksekutif. Lihat profil ringkas setiap anggota Dewan Direksi dalam daftar di bawah ini.

  • Murilo Ferreira

    Presiden & CEO
    ​Murilo Ferreira

    Murilo Pinto de Oliveira Ferreira berpengalaman 30 tahun lebih dalam bidang pertambangan dan diangkat sebagai CEO pada Mei 2011. Dia bergabung dengan Dewan Direksi pada 2005, mengepalai Departemen Pemegang Saham dan Bisnis Baru.

    Dia mengawali karir profesionalnya di Vale pada 1977 sebagai analis keuangan dan ekonomi. Dia kemudian sempat memegang beberapa peran penting, seperti CEO Vale Inco, yang sekarang menjadi bagian operasi Vale di Kanada.

    Setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis di Fundação Getúlio Vargas, São Paulo, dia meraih gelar master dalam bidang administrasi dan keuangan di cabang Rio de Janeiro pada institusi pendidikan yang sama, dan spesialisasi eksekutif (Eksekutif Senior) di IMD Business School, Lausanne, Swiss.

  • Galib Chaim

    Direktur Eksekutif Implementasi Proyek Kapital
    Galib Chaim

    Galib Chaim memegang jabatan direktur eksekutif Implementasi Proyek Kapital pada November 2011. Dia telah bekerja di Vale dan anak perusahaannya sejak 1979, terutama dalam manajemen proyek kapital, implementasi proyek internasional, serta hubungan kelembagaan dengan pemerintah dan sektor swasta.

    Sebagai direktur Departemen Proyek Batu Bara Vale di Maputo, Mozambik, dia bertanggungjawab atas studi kelayakan dan implementasi, pengembangan dan perluasan tambang dan sebuah pembangkit listrik tenaga uap dan air. Dia pernah memimpin beberapa proyek di Mozambik, Australia, Indonesia, dan Zambia.

    Dia adalah lulusan jurusan teknik dari Universidade Federal de Minas Gerais (Federal University of Minas Gerais) dan meraih gelar MBA dalam bidang Manajemen Bisnis di Fundação Getúlio Vargas, keduanya di Brazil.

  • Humberto Freitas

    Direktur Eksekutif Logistik dan Riset Mineral
    Humberto Freitas

    Humberto Freitas diangkat sebagai Direktur Eksekutif Logistik dan Riset Mineral pada November 2011, juga bertanggung jawab untuk Institut Teknologi Vale (ITV) dan Valia, sebuah lembaga dana pensiun untuk karyawan Vale.

    Sebelumnya, dia pernah mengepalai beberapa departemen lain di Vale, seperti Operasi Logistik, Pelabuhan dan Pengapalan, Operasi Pelabuhan dan Pengapalan, dan Departemen Operasi Logistik Pelabuhan.

    Sebagai lulusan teknik metalurgi dari Escola de Minas de Ouro Preto, Brazil, dia berpartisipasi dalam MIT Senior Leadership Program dan Executive Development Program di J.L. Kellogg, Northwestern University, keduanya di Amerika Serikat. Dia juga menyelesaikan Management Training Course di Association of Overseas Technical Scholarship di Jepang.

  • Luciano Siani

    Direktur Utama bidang Keuangan
    Luciano Siani

    Luciano Siani Pires ditunjuk menjadi Direktur Utama bidang Keuangan
    (Chief Financial Officer) Vale pada Agustus 2012. Sebelumnya, dari 2008 sampai Juli 2012, dia memegang jabatan Direktur Global Perencanaan Strategis dan Direktur Global bidang  Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan di Vale.

    Dia berpengalaman luas dalam bidang keuangan, pasar modal, dan perencanaan strategis. Pada 2007 dan 2008, karena sebelumnya pernah memegang berbagai jabatan di Bank Pembangunan Nasional Brazil (BNDES) dan menjadi anggota Dewan Direksi.

    Luciano Siani adalah seorang insinyur mesin lulusan Pontifícia Universidade Católica in Rio de Janeiro (PUC-RJ) dan memperoleh gelar MBA dengan spesialisasi keuangan dari Leonard N. Stern School of Business, New York University.

  • Peter Poppinga

    Direktur Eksekutif Ferrous Mineral
    Peter Poppinga

    Peter Poppinga ditunjuk sebagai direktur eksekutif Ferrous Mineral pada bulan November 2014. Pada tahun 2011, beliau diangkat menjadi direktur eksekutif Base Metals dan Information Technology, memimpin 16 lokasi operasi di seluruh dunia dan memimpin transformasi besar dan optimasi berbasis aset yang mengubah bisnis serta memberikan hasil-hasil yang meningkat secara signifikan.

    Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman dalam bijih besi, Peter memulai karirnya pada tahun 1984 di Samitri, sebuah perusahaan tambang besi dan mangan, di mana beliau menjabat berbagai posisi kepemimpinan dalam perencanaan tambang, produksi dan penjualan bijih besi serta pemasaran. Beliau juga memegang tanggung jawab bersama untuk penjualan produksi pelet di Samarco dan secara aktif terlibat dalam pengembangan pasar bijih besi di Tiongkok.

    Poppinga lulus dari jurusan geologi di Universidade Federal do Rio de Janeiro (Federal University of Rio de Janeiro), Brazil dan Universität Erlangem, Jerman; serta jurusan teknik geologi dan pertambangan di Universität Clausthal – Zellerfeld, juga di Jerman. Dia juga memperoleh spesialisasi dan gelar dari institusi-institusi di  Singapura dan Amerika Serikat.

  • Roger Downey

    Direktur Eksekutif Pupuk dan Operasi Batu Bara dan Pemasaran
    Roger Downey

    Roger Allan Downey mulai memegang jabatan sebagai Direktur eksekutif Pupuk dan Operasi Batu Bara dan Pemasaran Vale pada Mei 2012. Sebelumnya dia Manager Pemasaran Strategis (Bijih Besi)

    Beliau berpengalaman luas di bidang pertambangan, pasar modal, pemasaran, dan bisnis baru. Roger adalah Partner-Direktur CWH Consultoria Empresarial SC Ltda., sebuah perusahaan penyedia jasa konsultasi dan perwakilan pihak swasta di dewan direksi perusahaan-perusahaan besar, termasuk Vale.

    Antara 1996 dan 2002, dia menjabat Manajer Komersial Pemasaran dan Bisnis Baru di Rio Tinto.
    Roger graduated in management from the University of Western Australia (UWA) and in business administration at the Australian National Business School/UWA, with an MBA from UWA.
    Roger adalah lulusan manajemen di University of Western Australia (UWA) dan administrasi bisnis di Australian National Business School/UWA, dengan gelar MBA dari UWA.

  • Vania Somavilla

    Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia, Kesehatan dan Keselamatan, Keberlanjutan dan Energi
    Vania Somavilla

    Vania Lucia Chaves Somavilla ditunjuk sebagai Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia, Kesehatan dan Keselamatan, Keberlanjutan dan Energi pada November 2011. Beliau juga bertanggung jawab untuk Urusan Perusahaan, Hubungan Kelembagaan, Keamanan Bisnis, dan Komunikasi. Vania pernah mengepalai bagian Sumber Daya Manusia dan Layanan Perusahaan, juga Yayasan Vale.

    Dia meniti karier profesionalnya di Vale, dimulai ketika dia bergabung pada 2001 sebagai General manager Perencanaan Energi dan Komersialisasi, dan menduduki beberapa  posisi manajemen lainnya.

    Beliau adalah sarjana teknik sipil dari Universidade Federal de Minas Gerais (Universitas Federal Minas Gerais), dan memperoleh gelar pascasarjana dalam bidang rekayasa bendungan dari Universidade Federal de Ouro Preto (UFOP), juga MBA dalam bidang keuangan bisnis di Sekolah Bisnis IBMEC, Brazil. Vania juga berpartisipasi dalam MIT Transformational Leadership Program, AS, dan Mastering Leadership Program di IMD, Swiss.

  • Jennifer Maki

    Direktur Eksekutif Base Metals
    Jennifer Maki

    Jennifer memiliki gelar sarjana Ilmu Bisnis dari Queens University dan ijazah pascasarjana dari Institute of Chartered Accountants, keduanya di Ontario, Kanada. Setelah bekerja di PricewaterhouseCoopers selama 10 tahun, beliau bergabung dengan Vale pada tahun 2003 sebagai Asisten Controller. Setelah itu, Jennifer memegang beberapa posisi yang berbeda, termasuk VP & Treasurer dan Chief Financial Officer (CFO). Sejak Januari 2014, beliau menjabat Chief Financial dan Administrative Officer untuk Base Metals, serta berpartisipasi aktif dalam pengelolaan bisnis Base Metals di luar Kanada. Beliau telah menjadi salah satu anggota Dewan Komisaris PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) sejak tahun 2007 dan baru-baru ini menjadi Komisaris Utama.

    Dalam posisi-posisi tersebut, Jennifer telah memberikan kontribusi besar untuk bisnis, beberapa diantaranya mengambil tindakan-tindakan tegas dalam manajemen biaya dan kontrol, dalam pelaksanaan strategi pendanaan, dalam menegosiasikan perjanjian usaha patungan di Base Metals, dan dalam koordinasi kerja untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan dana pensiun dari kelompok usaha Base Metals.

​​​​​​