Direksi PT Vale Indonesia Tbk

Kepemimpinan Lokal

Direksi PT Vale Indonesia Tbk

Direksi bertanggung jawab secara kolegial mengelola Perseroan secara efektif, efisien dan hati-hati untuk kepentingan, maksud, dan tujuan Perseroan. Kedudukan masingmasing anggota Direksi termasuk Presiden Direktur adalah setara. Di bawah koordinasi Presiden Direktur, Direksi mengawasi kinerja dan proses operasional, hukum, tanggung jawab sosial dan keuangan Perseroan secara keseluruhan.

Nico Kanter - Presiden Direktur & CEO  

President Director & Chief Executive Officer

Nico Kanter

Nicolas (Nico) Kanter kembali dipercaya menjadi Presiden Direktur Perseroan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan pada 4 April 2018 setelah diangkat menjadi Presiden Direktur Perseroan untuk pertama kali pada RUPS Luar Biasa tanggal 27 September 2011. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Komisaris Independen PT Vale sejak 17 April 2009.

Sebelum bergabung dengan PT Vale, Nico Kanter menjabat sebagai Head of Country, BP Indonesia sejak tahun 2007, dimana beliau mengawasi dan bertanggung jawab untuk mengintegrasikan seluruh operasi BP di Indonesia. Sebelum itu, beliau adalah Executive Vice President, Sumber Daya dan Hubungan Manusia di BP.

Nico Kanter mengawali karir di BP Indonesia sejak tahun 1984 sebagai penasihat hukum. Sejak tahun 1987 hingga 1999 beliau berkarir sebagai pimpinan di berbagai departemen termasuk Pembelian, Keuangan, Perencanaan & Pengendalian, Pemasaran & Komersial, HR dan VP Public & Government Affairs.

Setelah itu beliau menjabat sebagai Human Resources Manager pada tahun 1996 hingga 1999. Beliau menjabat sebagai Senior Vice President Human Resources & General Suport di Vico Indonesia (diakuisisi oleh BP) pada tahun 2001 sampai 2002, dan sejak 2003 ditugaskan di BP Asia Pacific & Middle East (Hong Kong) sebagai Executive Assistant bagi Group Vice President Upstream.

Nico Kanter meraih gelar magister dalam bidang Hukum dari Universitas Indonesia dan gelar master dalam Administrasi Bisnis (Bisnis Internasional) dari University of Southern California, Amerika Serikat.

Unduh profil lengkap


Febriany Eddy - Direktur  

Deputy CEO - Vice President Director

Febriany Eddy

Febriany Eddy memiliki lebih dari 18 tahun pengalaman kerja internasional di industri finansial maupun pertambangan. Febriany Eddy diangkat menjadi Direktur PT Vale Indonesia Tbk ("PT Vale") oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Vale tanggal 23 April 2013. Ibu Febriany Eddy diangkat kembali sebagai Direktur oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2014, 2016 dan terakhir tahun 2018, masing-masing untuk masa jabatan 2 tahun.

Sebelum diangkat menjadi Direktur PT Vale, Febriany Eddy dipindahtugaskan ke kantor regional Vale Base Metal Asia Pasifik dan Afrika yang berbasis di Brisbane, Australia selama 2.5 tahun. Febriany Eddy bertanggung jawab terhadap operasional Vale Base Metal di Indonesia, Jepang, Cina, Taiwan dan Afrika.

Sebelum penugasan ke luar negeri ini, Febriany Eddy memegang jabatan sebagai Manajer Pengawasan Pembiayaan Proyek dan Evaluasi Keuangan PT Vale selama tiga tahun, dimana Febriany Eddy terlibat dalam kegiatan operasional yang fokus pada peningkatan efisiensi biaya, evaluasi dan pengaturan pembiayaan proyek dan perencanaan yang strategis.

Sebelum bergabung dengan PT Vale, Febriany Eddy bekerja untuk Pricewaterhouse Coopers di Jakarta selama lima setengah tahun dan di Amsterdam, Belanda, selama satu setengah tahun, dimana Febriany Eddy terlibat dalam berbagai jenis pekerjaan dan proyek-proyek internasional dalam uji tuntas keuangan.

Febriany Eddy memiliki gelar MBA dari UCLA Anderson School of Management dan National University of Singapore dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia. Ibu Febriany Eddy memegang sertifikasi akuntan publik di Indonesia maupun Australia.

Unduh profil lengkap


Bernardus Irmanto - Direktur  

Chief Financial Officer - Director

Bernardus Irmanto

Bernardus Irmanto telah terlibat dalam industri pertambangan selama lebih dari 20 tahun, diawali di bidang teknologi informasi (TI).

Sebelum bergabung dengan PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale”), Bernardus Irmanto telah menjabat berbagai posisi dengan tanggung jawab yang terus meningkat di Newmont Nusa Tenggara, Fujitsu Asia Pacific Pty. Ltd., Bali Camp, University of New South Wales dan PT Freeport Indonesia.

Bernardus Irmanto bergabung dengan PT Vale pada bulan Agustus 2004 sebagai Analis Sistem Senior. Sejak itu beliau telah memegang posisi dengan tanggung jawab yang terus meningkat di departemen TI. Pada Februari 2007, beliau menjabat sebagai General Manager TI hingga diangkat sebagai General Manager yang bertanggung jawab atas shared services operations PT Vale pada Mei 2009.

Bernardus Irmanto diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur PT Vale pada 16 Februari 2011 setelah sebelumnya menjadi Diretur pada 28 Oktober 2010. Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan untuk tahun 2014, 2016 dan 2018, Bernardus Irmanto ditunjuk kembali untuk jabatan yang sama. Selama menjabat selaku Wakil Presiden Direktur PT Vale, selain bertanggung jawab atas urusan sumber daya manusia (HR), TI termasuk urusan-urusan umum dan eksternal PT Vale, Bernardus Irmanto juga melaksanakan tugas kepemimpinannya dalam Tim Manajemen Darurat dan terlibat dalam pendirian dua yayasan PT Vale di Sorowako untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup karyawan beserta keluarga dan masyarakat sekitar.

Bernardus Irmanto meraih gelar sarjana dalam bidang Matematika dan Ilmu Komputer dari Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta pada tahun 1997, dan gelar Magister dalam bidang Ilmu dan Teknik Komputer dari University of New South Wales di Sydney, Australia, pada tahun 2002. Selain itu, pada tahun 2016, Bernardus Irmanto menyelesaikan program global executive MBA dari University of California Los Angeles (UCLA) – Anderson School of Management National University of Singapore (NUS).

Unduh profil lengkap


Vinicius Mendes Ferreira - Direktur  

Chief Operating Officer - Director

Vinicius Mendes Ferreira

Vinicius Mendes Ferreira memiliki 24 tahun pengalaman dengan skala internasional di industri pertambangan dan metalurgi dengan beberapa bisnis pertambangan logam dan telah memegang berbagai posisi di bidang produksi, teknis, komersial, bisnis baru, dan bidang Litbang.

Dimulai sebagai trainee engineer pada tahun 1996, Vinicius Mendes Ferreira berhasil memegang posisi sebagai pellet plant production supervisor di Anchieta ES dan sebagai head of the beneficiation department di Mariana MG dari tahun 2000 hingga 2001. Pada tahun berikutnya, Vinicius Mendes Ferreira mendapatkan kesempatan pertama untuk bekerja dengan Vale S.A. melalui salah satu anak perusahaannya, Samarco Mineração, di mana beliau ditunjuk sebagai koordinator bidang pemasaran selama tiga tahun.

Pada awal 2007, Vinicius Mendes Ferreira ditugaskan ke kantor Vale Shanghai dan bertindak sebagai Market and Business Development Manager di mana tanggung jawab beliau meliputi koordinasi pelaksanaan studi kelayakan untuk pabrik pelet di China dengan kapasitas antara 1 hingga 2,5 Mt/tahun dan memimpin negosiasi kontrak untuk pembuatan pelet usaha patungan (JV) di Anyang, China.

Setelah perjalanan yang sukses di China, Vinicius Mendes Ferreira kembali ke Brasil pada tahun 2009 untuk bekerja sebagai General Manager Bahia Ferro-Alloy Plant di Vale Ferro Alloy Operation, Simões Filho. Setelah dua tahun, beliau ditunjuk sebagai Chief Executive Officer of Vale, Tecnored Desenvolvimento Tecnológico di Pinda, Brasil hingga Januari 2017. Selama masa jabatannya, sebagai pemimpin perusahaan, Vinicius Mendes Ferreira mengawasi tes Litbang di pabrik percontohan industri (dengan kapasitas 80 kt/tahun pig iron) dan negosiasi dengan calon investor untuk kemungkinan spin-off perusahaan untuk tahap proliferasi komersial teknologi.

Sejak periode 2017 hingga pertengahan 2018, Vinicius Mendes Ferreira menjabat sebagai Direktur Nikel di Vale Nickel Operation, Onça Puma - Ourilândia Do Norte, Brasil dan melanjutkan karirnya di posisi yang sama di Vale Copper Operation, South Hub – Canaa Dos Carajas, Brazil sampai sekarang. Saat ini, beliau bertanggung jawab atas operasi tembaga Sossego dan memimpin sekitar 1.500 karyawan dan 600 kontraktor permanen.

Vinicius Mendes Ferreira memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Pertambangan dari School of Mines - Federal University of Ouro Preto pada tahun 1995. Vinicius Mendes Ferreira juga mengambil Specialization Program in Quality Engineering (Certified Quality Engineer) dari American Society for Quality pada tahun 1996.

Vinicius Mendes Ferreira memperoleh gelar Magisternya di beberapa universitas, termasuk gelar Master (MSc) di bidang Mineral Engineering dari School of Mines - Federal University of Ouro Preto pada tahun 2002, gelar MBA di bidang Pemasaran dari Getúlio Vargas Foundation - Vitória pada tahun 2004 dan terakhir gelar MBA di bidang Keuangan dan Akuntansi dari Getúlio Vargas Foundation - Taubaté. Vinicius Mendes Ferreira juga memperoleh gelar Doktor (PhD) Engineering in Ferrous Metallurgy dari Central South University (CSU) - Changsha, Hunan, China pada tahun 2012.

Unduh profil lengkap


Dani Widjaja - Direktur  

Chief Development Officer - Director

Dani Widjaja

Dani Widjaja memiliki banyak pengalaman dalam operasi dan rekayasa teknik smelter serta manajemen proyek untuk proyek-proyek industri berat. Selama 18 tahun bekerja dengan PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale”), Dani Widjaja telah mengelola operasi smelter dan sejumlah proyek bernilai jutaan dolar mulai dari pengembangan area tambang baru, pembersihan kiln off gas, stabilisasi daya furnace dan pembangkit listrik tenaga air. Keahliannya meliputi manajemen teknik, optimasi pabrik, dan manajemen shutdown.

Dani Widjaja memegang kredensial Profesional Manajemen Proyek dari Project Management Institute, di Amerika Serikat dan juga merupakan anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ).

Dani Widjaja memulai karirnya pada tahun 1990 sebagai asisten laboratorium di Deutsche Forschungsanstalt fuer Luft-und Raum-fahrt (DLR), Institut fuer Strukturmechanik Braunschweig, Jerman. Setelah itu, Dani Widjaja kembali ke Indonesia untuk bekerja sebagai Section Leader di PT Industri Pesawat Terbang Nusantara Bandung pada tahun 1993-1995 serta asisten manajer proyek di Panasia Group Bandung pada tahun 1995-1998 dan menangani banyak proyek rekayasa teknik dan pekerjaan manajemen proyek lainnya.

Keterlibatan Dani Widjaja dengan PT Vale dimulai pada tahun 1998 sebagai mechanical engineer dan beliau terus mengembangkan keterampilan dan keahliannya hingga ditunjuk sebagai Wakil Direktur Proyek HEPP Karebbe pada tahun 2009. Dengan tugas ini, Dani Widjaja bertanggung jawab untuk mengelola kontraktor EPCM, izin dan masalah hubungan eksternal lainnya sehubungan dengan pembangunan high CVC gravity dam, termasuk terowongan pengalihan, peningkatan tailrace, saluran transmisi ganda 150kV, dan gedung dormitori di Sorowako. Pada 2010, Dani Widjaja bergabung dengan PT Bimatekno Karyatama Konsultan di Jakarta sebagai Direktur dan GM Industri.

Setelah 2 tahun, Dani Widjaja kembali ke PT Vale pada 2012 dan menjabat sebagai Direktur Proyek Program Pertumbuhan Indonesia. Pada tahun 2015, Dani Widjaja kemudian ditunjuk sebagai Direktur Pabrik Pengolahan di mana beliau bertanggung jawab untuk mengelola smelter nikel yang terdiri dari 3 pengering bijih, 5 kiln rotary, 4 electric arc furnaces dan 3 konverter.

Unduh profil lengkap


Agus Superiadi - Direktur  

Director Support and Site Services - Director

Agus Superiadi

Agus Superiadi memulai karirnya sebagai trainee manajemen di PT Astra International Tbk pada tahun 1996 selama 3 bulan sebelum bergabung dengan PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale”) sebagai asisten ahli geologi pada Januari 1997.

Agus Superiadi memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman bekerja di PT Vale di berbagai posisi yang meliputi, antara lain, Project Manager Automation Project, Senior Geologist Mineral Resource and Reserve Management, Senior Supervisor Grade Control and Ore Blending, Superintendent of Ore Quality Assurance, Project Manager HPAL Mine Development, General Manager Mine Geology and Ore Quality Coordination, Senior General Manager Mines and Exploration, dan Kepala Teknik Tambang Operasi Sorowako.

Selama 2012-2014, Agus Superiadi juga terlibat dalam tim inti re-negosiasi Kontrak Karya PT Vale, dan selama tahun 2016-2018, Agus Superiadi menjabat sebagai Senior General Manager Strategic Business Development & Growth Projects yang meliputi eksplorasi, studi kelayakan, pengembangan proyek greenfield, kerjasama/kemitraan usaha patungan (joint venture), intelijen pasar, dan perizinan AMDAL/kehutanan.

Dengan pengetahuan dan pengalamannya yang mendalam dan menyeluruh terhadap bisnis dan operasi PT Vale, maka pada bulan Januari 2019, Agus Superiadi diangkat sebagai Director Support and Site Services dengan tanggung jawab yang mencakup pengelolaan hubungan eksternal, layanan keamanan, layanan fasilitas umum, layanan medis, dan layanan pendidikan.

Agus Superiadi memperoleh gelar Sarjana Teknik Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1996.

Unduh profil lengkap


Updated: Agustus 2019