Tabloid Verbeek menyapa warga Luwu Timur

Tentang Vale

20/07/2013

Tabloid Verbeek menyapa warga Luwu Timur

Tepuk tangan dan ucapan syukur terucap dari puluhan orang yang memenuhi Aula Kantor Camat Nuha, Sabtu, 20 Juli 2013 lalu, tatkala selubung kertas yang menutupi backdrop terlepas satu persatu.

Tampak diantara hadirin Camat Nuha Kamal Rasyid, Camat Towuti Mohammad Salman, Camat Wasuponda Awaluddin Anwar, GM Media & Communications Teuku Mufizar Mahmud, Ketua FKUB Ardias Barah, tokoh-tokoh masyarakat, perwakilan organisasi masyarakat, organisasi wanita, pemuda, dan keagamaan.

Momen menjelang waktu berbuka puasa tersebut menandai peluncuran Tabloid Verbeek, tabloid umum yang dirilis PT Vale untuk menyalurkan informasi mengenai Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM – atau Community Development), informasi kemasyarakatan dan pengetahuan umum.

"Nama Verbeek diambil karena sudah akrab di telinga kita. Yaitu nama pegunungan di wilayah Luwu Timur, yang mewadahi dinamika masyarakat, pemerintah, dan industri. Ketiganya adalah stakeholder utama dalam PTPM," jelas Teuku Mufizar Mahmud. Tabloid yang memiliki slogan "Informasi, Interaksi, Inspirasi" inipun diarahkan menjadi media komunikasi antara tiga pihak tersebut.

Dalam sambutannya, Camat Nuha Kamal Rasyid menyatakan dukungan pada kemunculan Tabloid Verbeek. "Semoga media ini menyokong upaya transparansi pengelolaan pemberdayaan masyarakat yang dirintis PT Vale, pemerintah dan masyarakat," kata Kamal. Menurutnya, dengan keterbukaan informasi, maka para pihak yang saling berinteraksi akan semakin dewasa dan tidak mudah diprovokasi dan dipolitisir.


Edisi awal Tabloid Verbeek setebal 12 halaman, mengangkat topik utama monitoring dan evaluasi Crash Program 2012. Rubrik lainnya antara lain cerita rakyat, profil penerima manfaat PTPM, tips keluarga, kesehatan, dan keuangan, safety, serta pengetahuan umum.

"Untuk beberapa edisi awal, akan kami rilis dua bulanan dengan oplah 3000 eksemplar yang didistribusikan ke empat wilayah pemberdayaan PT Vale," ujar Mufizar. Saat ini, Tabloid Verbeek masih dikelola oleh tim Communications dan Community Relations PT Vale. Ke depan, pengelolaan tabloid ini juga akan melibatkan para kontributor dari elemen masyarakat di wilayah pemberdayaan dan pemerintah daerah.



Tabloid Verbeek menyapa warga Luwu Timur