Tentang Vale

25/07/2017

PT Vale raih Platinum dalam P2 HIV AIDS di tempat kerja

Penghargaan dan kategori yang sama ini juga pernah diraih PT Vale pada tahun 2015 dan 2016.

PT Vale mendapat penghargaan kategori Platinum dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atas prestasinya sebagai perusahaan yang aktif dalam pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS (P2 HIV/AIDS) di tempat kerja. Penghargaan tersebut diterima oleh Manager External Relations & Corporate Affairs Basrie Kamba di Jakarta, 19 Juli lalu. Penghargaan dan kategori yang sama ini juga pernah diraih PT Vale pada tahun 2015 dan 2016.

Melalui Pokja HIV/AIDS di RS Inco, PT Vale secara konsisten dan aktif sejak 2008 menyelenggarakan berbagai sosialisasi, pelatihan dan kampanye untuk pencegahan penularan dan penindakan HIV-AIDS baik di lingkungan perusahaan maupun masyarakat. Pokja yang memiliki 16 tenaga terlatih melayani konseling, pemeriksaan laboratorium, layanan CST, dan terapi serta menyediakan apotik layanan ARV. Bahkan program pencegahan penularan HIV-AIDS ini merupakan bagian dari fokus implementasi program sosial perusahaan di sektor kesehatan.

Pada Januari 2014, Pokja menggelar pelatihan VCT (Voluntary Conseling and Testing) yang diikuti puluhan tenaga kesehatan bekerjasama dengan Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM) PT Vale dan Dinas Kesehatan Luwu Timur serta KPA Luwu Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak konselor-konselor terlatih untuk mengembangkan klinik VCT baik di rumah sakit atau di puskesmas. Pada tahun yang sama, diadakan seminar, dan rangkaian peringatan Hari AIDS sedunia.

Tahun berikutnya, dilakukan edukasi pencegahan NPZA dan HIV di lingkup perusahaan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan global Health Week. Pada 2016, edukasi langsung mengenai HIV-AIDS menyentuh sekolah-sekolah umum dan masyarakat. Pokja juga menyediakan layanan mobile VCT secara cuma-cuma. RS Inco juga menjadi rumah sakit di Kabupaten Luwu Timur yang menyediakan obat ARV (antiretroviral) secara gratis bagi penderita HIV/AIDS.

Sedangkan akhir tahun 2016 PT Vale mendorong upaya pencegahan dan penularan TB-HIV melalui skema kemitraan strategis dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur melalui pembentukan Pokja TB-HIV. Hal ini ditegaskan melalui pertemuan para pengelola Program HIV/AIDS se-Luwu Timur. Pokja TB-HIV adalah panitia kerja yang memiliki tugas seperti melaksanakan surveilens HIV pada pasien TB, melaksanakan perencanaan bersama untuk pencegahan dan tata laksana TB-HIV, melakukan monitoring dan evaluasi, menurunkan beban TB pada ODHA, serta menurunkan beban HIV pada pasien TB.

Data akhir 2016 menunjukkan bahwa Luwu Timur merupakan daerah dengan prevalensi HIV rendah yakni di bawah 5%​.


PT Vale raih Platinum dalam P2 HIV AIDS di tempat kerja