Juri Vale Journalistic Competition 2019 Berkunjung ke Sorowako

Tentang Vale

05/09/2019

Juri Vale Journalistic Competition 2019 Berkunjung ke Sorowako

Juri Vale Journalistic Competition 2019 Berkunjung ke Sorowako

Sebagai rangkaian pelaksanaan Vale Journalistic Writing & Photography Competition 2019, PT Vale memfasilitasi kunjungan juri event ini ke area operasi PT Vale di Sorowako, Sulawesi Selatan. Kunjungan yang dilakukan pada 17-19 Agustus ini bertujuan untuk memperkenalkan operasi penambangan dan pengolahan nikel, sekaligus menunjukkan beberapa aktivitas keberlanjutan yang dilakukan oleh PT Vale.

Tiga orang juri untuk kategori Laporan Jurnalistik adalah Ahmad Djauhar dan Agus Sudibyo dari Dewan Pers, serta Tri Agung Kristanto dari PWI Pusat. Tiga Juri lain untuk kategori Fotografi Jurnalistik yaitu Oscar Motulloh, Ardiles Rante dan Ahmad Zamroni berhalangan hadir dalam kunjungan ini.

Dalam kunjungan ke PT Vale, ketiga juri ini mendapat kesempatan untuk mengunjungi fasilitas pembibitan (nursery), kegiatan penambangan, kegiatan rehabilitasi lahan pascatambang, kegiatan pemrosesan nikel di pabrik pengolahan, serta kegiatan pembangkitan energi listrik di PLTA Karebbe. Selain mendapat penjelasan dari tim PT Vale mengenai proses operasi, para juri juga mendapat kesempatan untuk mengambil foto-foto selama kunjungan.

Kunjungan ini membuat kami lebih memahami operasi PT Vale dalam memproduksi nikel, dan melihat bagaimana PT Vale menjalankan tanggungjawabnya khususnya atas pemeliharaan lingkungan setelah proses penambangan selesai

Ahmad Djauhar _ Wakil Ketua Dewan Pers

“Kunjungan ini membuat kami lebih memahami operasi PT Vale dalam memproduksi nikel, dan melihat bagaimana PT Vale menjalankan tanggungjawabnya khususnya atas pemeliharaan lingkungan setelah proses penambangan selesai. Senang sekali dapat melihat area pascatambang telah direhabilitasi dengan sangat baik oleh PT Vale,” ujar Ahmad Djauhar yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pers. “Kami melihat proses produksi nikel dari dekat. Dengan gambaran ini, kami siap membantu Panitia Journalistic Competition ini untuk menilai Laporan Jurnalistik yang dihasilkan oleh para wartawan yang menulis tentang PT Vale,” imbuh Tri Agung Kristanto yang menjabat pula sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

Sementara itu Agus Sudibyo berharap agar selain melalui kompetisi jurnalistik, PT Vale juga berperan dalam mengembangkan kompetensi jurnalis melalui sosialisasi undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, hingga memperkenalkan etika jurnalistik pertambangan kepada para wartawan rekanannya. “Kedatangan para wartawan senior sekaligus juri kompetisi jurnalistik ini, memberikan dukungan kepada kami untuk menjalin hubungan yang lebih profesional dan efektif dengan media, yang adalah salah satu stakeholder penting Perusahaan,” ujar Bayu Aji, Senior Manager Communications PT Vale.

Dalam kesempatan tersebut, para Juri dan tim Communications PT Vale melakukan diskusi intens mengenai penyelenggaraan. Salah satunya adalah kesepakatan untuk memperpanjang durasi kompetisi hingga 30 September 2019. Informasi lengkap mengenai Vale Journalistic Competition 2019 bisa didapatkan melalui laman berikut.

Di akhir kunjungan ketiga tamu menyatakan kesan positifnya atas keindahan Sorowako, terutama Danau Matano. “Orang harus banyak mengenal tempat indah seperti Sorowako ini. Jika ada waktu, saya ingin mengajak keluarga saya untuk berlibur beberapa waktu di tempat ini. Ini tempat yang kaya dan indah,” pungkas Agus Sudibyo.



Juri Vale Journalistic Competition 2019 Berkunjung ke Sorowako