Tingkatkan Kinerja Produksi dan Lingkungan, Boiler Listrik Vale Resmi Beroperasi Seratus Persen

Tentang Vale

23/06/2019

Tingkatkan Kinerja Produksi dan Lingkungan, Boiler Listrik Vale Resmi Beroperasi Seratus Persen

To Enhance Production and Environmental Performances, Vale Officially Operates Electric Boiler One Hundred Percent

Bertempat di Utilities Conference Room (23/5), berlangsung penyerahan buku merah New Electric Boiler dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulewasi Selatan kepada PT Vale melalui Departemen Engineering, Maintenance & Utilities. Dengan adanya buku merah ini maka pengoperasian boiler listrik dinyatakan resmi beroperasi.

Selama tiga hari kunjungan, Tim Disnakertrans Provinsi Sulawesi Selatan yang terdiri dari 5 orang dan rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Sulawesi Selatan Agustinus Appang, melakukan pengecekan performa boiler listrik serta melakukan inspeksi remaining life assessment B&W boiler.

Buku merah diterima secara simbolis oleh Manager Engineering, Maintenance & Utilities PT Vale Abu Ashar yang juga didampingi para leaders lintas departemen. Acara juga dihadiri Tim Kementerian ESDM, Tim Sucofindo sebagai PJK3 PUBT (Perusahaan Jasa K3 Pesawat Uap dan Bejana Tekan), Tim Depriwangga sebagai PJK3 Uji Riksa (Perusahaan Jasa K3 Pengujian dan Pemeriksaan Boiler).

Boiler listrik ini diremikan pada awal Februari 2019 silam. Boiler listrik ini menggunakan tenaga listrik yang berasal dari PLTA PT Vale. Keberadaannya menggantikan model sebelumnya yang ditenagai bahan bakar HSFO (high sulfur fuel oil).

Dengan sumber tenaga listrik yang notabene seratus persen berasal dari PLTA maka operasi boiler ini berstatus nol emisi,

Zainuddin _ Mechanical and Civil Process Plant & Utilities Engineering Supervisor

“Dengan sumber tenaga listrik yang notabene seratus persen berasal dari PLTA maka operasi boiler ini berstatus nol emisi,” ujar Supervisor Mechanical and Civil Process Plant & Utilities Engineering sekaligus Project Manager, Zainuddin. Selain itu kinerja boiler ini juga lebih efisien dan mampu menghemat biaya operasional secara signifikan.

Boiler merupakan salah satu alat krusial dalam produksi nikel PT Vale. Uap yang dihasilkan alat ini berguna untuk proses atomisasi di burner rotary dryer dan reduction kiln, memanaskan sulfur yang digunakan pada proses reduction kiln dan berfungsi untuk memanaskan pipa bahan bakar.

Profil Boiler Listrik PT Vale

  • Kisaran produksi uap: 11,37 ton/jam.
  • Proyeksi durasi operasi: 8.424 jam/tahun.
  • Biaya produksi uap dengan boiler listrik US$1,63/ton steam.hr.
  • Biaya listrik dari PLTA US$2,45/MWh.
  • Konsumsi listrik boiler 0,67 MWh/ton steam.hr.
  • Mampu menghemat biaya produksi uap sebesar US$ 5.029.933* per tahun atau setara dengan Rp 70.419.060.785 per tahun. (kurs: Rp14.000/US$).
  • Biaya produksi uap dengan boiler sebelumnya US$54,15/ton steam.hr
  • Meniadakan penggunaan bahan bakar HSFO sebesar 67,047 barel per tahun. (harga HSFO US$77,35 per barel, Desember 2018).


Tingkatkan Kinerja Produksi dan Lingkungan, Boiler Listrik Vale Resmi Beroperasi Seratus Persen