Laporan Keberlanjutan 2018 PT Vale Indonesia Tbk

Laporan Keberlanjutan

Laporan Keberlanjutan 2018 PT Vale Indonesia Tbk

 

Continuing Our Sustainable Way
for the Next Decade

menjadi tema laporan keberlanjutan 2018, menyambung tema sebelumnya, yang menunjukkan Vale akan terus meningkatkan efisiensi dan tetap menjaga keberlanjutan di tengah keadaan apapun juga

Tentang Laporan


Penyusunan Laporan Keberlanjutan mengikuti perkembangan standar pelaporan yang berlaku global. Laporan Keberlanjutan 2018 kami disusun dengan mengacu pada GRI Standards dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

Unduh laporan dalam format PDF

Perjalanan 50 Tahun Vale di Indonesia


Selama 50 tahun hadir di Indonesia, PT Vale berhasil mempertahankan eksistensi sebagai salah satu perusahaan pertambangan dan pengolahan mineral terbaik di Indonesia.

Sejak awal beroperasi PT Vale telah membangun smelter dan tidak pernah mengekspor bijih. Dimulai dengan penjualan perdana nikel matte tahun 1978, tingkat produksi terus tumbuh dalam rentang waktu berikutnya. Volume produksi tertinggi dicapai tahun 2015 sebanyak 81.777 Ton, dan hingga tahun 2022 PT Vale menargetkan volume produksi tahunannya menjadi 90.000 Ton.

Telusuri lebih jauh perjalanan kami pada link berikut

Bisnis & Operasi Berkelanjutan

74,806 metrik ton produksi nikel dalam matte

AS$776,9 juta total pendapatan

AS$60.512 ribu laba bersih

295 perusahaan lokal yang terlibat dalam pengadaan, sekitar 12% dari total nilai kontrak pengadaan tahun 2018

68,17% total kandungan dalam negeri (TKDN), meningkat dibanding angka TKDN 2017 sebesar 67,85%

AS$ 91,87 juta Realisasi pembayaran pajak dan PNBP, meningkat 46% dibanding tahun 2017.

PT Vale terus meningkatkan volume produksi nikel dalam matte. Volume produksi tertinggi sebesar 81.777 Ton dicapai tahun 2015, dan hingga tahun 2022 PT Vale menargetkan peningkatan volume produksi tahunannya menjadi 90.000 Ton. Untuk merealisasikan target tersebut, PT Vale melakukan berbagai kebijakan di antaranya mengintensifkan program Pengembangan Berkelanjutan atau Continous Improvement (CI).Realisasi CI sampai dengan akhir tahun 2018 mencakup 7 proyek yang sudah disetujui dan dieksekusi.

Kami menerapkan program Promote National Interest (PNI) untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, dan program Local Business Initiative (LBI) untuk melibatkan semakin banyak pemasok lokal dan mengatur tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Pemberlakukan e-procurement membuka peluang lebih besar bagi pemasok lokal dan peningkatan TKDN.

Telusuri lebih jauh tentang e-procurement kami disini

Obidient Citizen.
Selama 50 tahun beroperasi di Indonesia, PT Vale telah turut berkontribusi pada penerimaan negara, melalui pembayaran pajak dan PNBP setiap tahun.

Tata Kelola Berkelanjutan

3.092 total karyawan

123.393 total jam pelatihan

40 jam pelatihan per karyawan

0,51% tingkat kekerapan cidera tercatat

34,1 juta jam kerja selamat

0 kehilangan hari kerja

Dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG), PT Vale terus menyempurnakan proses persetujuan dalam berhubungan dengan pejabat pemerintah dan pihak ketiga. Tahun 2015 perusahaan menerapkan Manual PT Vale, dan setahun kemudian penerapan Kode Etik Pemasok serta pengadaan berbasis teknologi informasi (e-procurement).

PT Vale juga telah menerapkan Vale Whistleblower Channel (VWC), sebagai akses bagi semua pihak untuk menyampaikan laporan pelanggaran.

Berdasarkan data dari Departemen Ethics and Conduct Office, selama tahun 2018, PT Vale menerima 30 laporan pelanggaran yang disampaikan melalui VWC.

Telusuri lebih jauh tentang Program Anti Korupsi kami disini

Telusuri lebih jauh tentang VWC disini

Kepatuhan K3.
Pada tahun 2018 audit dilaksanakan oleh Internal Auditor, dengan hasil tingkat kepatuhan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara sebesar 89,9%. Pencapaian tersebut naik dibanding tahun 2017 sebesar 87,7%.

Pemberdayaan Berkelanjutan

38 desa; 32.720 jiwa; jumlah penerima manfaat

AS$ 3.019.585 alokasi dana PTPM

Evaluasi.
Evaluasi pelaksanaan program/kegiatan dilakukan secara berkala, disertai penerbitan publikasi dan pelaporan sebagai pertanggung-jawaban.

Setelah periode lima tahun pertama PTPM yang berakhir tahun 2017, PT Vale melanjutkan periode lima tahun kedua PTPM 2018 – 2022 dengan menyusun Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RI-PPM).

Pada tahun 2018 PT Vale melakukan sosialisasi RI-PPM 2018-2022 kepada segenap pemangku kepentingan di empat kecamatan yang menjadi sasaran kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. RI-PPM membidik delapan sektor pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yakni pendidikan, kesehatan, pendapatan dan pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial-budaya, pengeloaan lingkungan, kelembagaan dan infrastruktur. Dalam pelaksanaannya, tetap melalui pola kemitraan tiga pilar yakni pemerintah, perusahaan dan masyarakat.

Telusuri lebih jauh tentang Program Pengembangan Sosial kami disini

Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan

93,31 Ha lahan direhabilitasi selama 2018

78,400 pohon/Ha jumlah pohon ditanam

4,250.63 Ha total lahan yang telah direhabilitasi

Energi terbarukan.
Sejak memulai kegiatan di Sorowako, PT Vale menyadari besarnya kebutuhan energi untuk proses pengolahan bijih nikel dan produksi nikel dalam matte. Perusahaan kemudian membangun dan mengoperasikan tiga unit PLTA berkapasitas total 365 MegaWatt (MW).

Menuju Proper Hijau Tahun 2020

Setiap tahun PT Vale menyertakan pelaksanaan pengelolaan lingkungan pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selama beberapa tahun terakhir sampai dengan tahun 2018, PT Vale mempertahankan peringkat PROPER Biru dan Kandidat Hijau untuk pertama kalinya. Peringkat tersebut menandakan pengelolaan lingkungan telah sesuai dengan persyaratan perundanganundangan.

Inisiatif lain yang dilakukan PT Vale dalam mengelola lingkungan adalah menerapkan Environment Management System (EMS) ISO 14001:2015 dan Sertifikasi ISO 14001:2015. Tujuannya adalah memperluas cakupan pengelolaan lingkungan yang diintegrasikan dengan proses bisnis strategis perusahaan di masa depan.

Telusuri lebih jauh tentang komitmen "Menjaga Kelestarian Bumi" kami disini

Unduh laporan dalam format PDF

Klik disini

Laporan sebelumnya

Laporan Keberlanjutan 2018

Klik disini