Bijih Besi dan Pellet

Pertambangan

Bijih Besi dan Pellet

Bijih Besi
dan Pellet

Vale adalah produsen bijih besi dan pelet terbesar di dunia, bahan mentah penting yang diperlukan untuk pembuatan baja.

Bijih besi ditemukan di alam berupa batuan, tercampur dengan unsur-unsur lain. Lewat berbagai proses industri menggunakan teknologi mutakhir, bijih besi diproses lalu dijual ke perusahaan-perusahaan baja.

Bijih besi yang diproduksi Vale bisa ditemukan di rumah-rumah, mobil, dan peralatan rumah tangga.

Kami berinvestasi pada inovasi teknologi dan mengembangkan inisiatif untuk mencegah dan mengurangi dampak lingkungan akibat pertambangan. Tujuan kami adalah menetapkan standar untuk pengelolaan dan penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Di mana?

Pertambangan kami terkonsentrasi di Brasil, di mana kami juga mengoperasikan pabrik pembuatan pelet. Selain itu kami punya dua pabrik pembuatan pelet di Oman dan saham joint venture di China yang memproduksi pelet (partikel besi dalam bentuk gumpalan kecil).

minas

Carajás

Inilah operasi terbesar Vale, terletak di kawasan Amazon di Brasil utara. Bijih besi Carajás dianggap paling bermutu di dunia.

carajás

 

Bagaimana?

Mengubah bijih besi menjadi bahan siap pakai adalah
proses panjang.Pelajari langkah-langkah
produksi bijih besi lewat infografis interaktif kami.

Clique Aqui ilustração

 

Teknologi dan keberlanjutan

Lebih sedikit air

Lebih sedikit air

Screening, salah satu tahap produksi bijih besi, umumnya menggunakan air untuk memisahkan partikel besar dan kecil. Tapi teknologi yang dikembangkan Vale menggunakan kelembaban alami bijih sebagai pengganti air dalam proses ini.
Cara tersebut telah mengurangi penggunaan air tahunan sampai 19,7 juta m3, sama dengan jumlah yang dikonsumsi kota berpenduduk 430.000 jiwa.

Memperbanyak pemakaian ulang

Sistem pemakaian ulang bijih Vale sejauh ini memungkinkan kami memroses kembali 5,2 juta metrik ton partikel bijih yang tertimbun di kolam tailing. Tanpa teknologi tersebut, bijih tersebut bakal terbuang.


 
 

Transportasi efisien

Kami mengoperasikan rel kereta sepanjang 10.000 kilometer dan menggunakan kapal-kapal pengangkut bijih terbesar di dunia. Kapal Valemax masing-masing mampu mengangkut 400.000 metrik ton - 2,3 kali lebih banyak daripada kapal tradisional Capesize - dan mengeluarkan 35% lebih sedikit CO2 per ton bijih yang diangkut.

​​​