Mangan dan campuran besi

Pertambangan

Mangan dan campuran besi

Mangan dan
campuran besi

Siapa sangka barang-barang yang sangat berbeda seperti batere dan cat punya kesamaan? Mangan, logam urutan keempat terbanyak digunakan di dunia, adalah bahan keduanya dan banyak barang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Kami adalah produsen besar mangan, satu bahan penting dalam pembuatan baja,
juga campuran besi dengan berbagai unsur lain, termasuk mangan.

Hampir 90% hasil produksi mangan digunakan di industri baja, namun mangan juga digunakan di pembuatan pupuk, pakan hewan, dan mobil.

Serbaguna

Tambang kami memproduksi tiga tipe produk mangan, yang digunakan di banyak hal.

 

Bijih metalurgi

Campuran besi - mangan penting untuk pembuatan hampir semua jenis baja

 

Mangan dioksida alami

Batere - mangan dan seng dipadukan untuk membuat batere alkalin tahan lama

 

Bijih kimia

Pakan hewan - mangan digunakan untuk tambahan makanan hewan peliharaan
Kaca - mangan sudah digunakan dalam pembuatan kaca sejak zaman Mesir kuno


Di mana?

Kegiatan kami di sektor ini berlokasi di Brasil: kami mengoperasikan tambang dan pabrik mangan di negara bagian Pará, Mato Grosso do Sul, dan Minas Gerais. Kami juga punya pabrik logam campuran besi di Minas Gerais dan < strong>Bahia.

Mapa

Sorotan

  • Potensi

    Brasil memiliki 10% cadangan mangan dunia, terbanyak keempat sesudah Ukraina (24%), Afrika Selatan (22%), dan Australia (16%).

  • Terdepan

    Vale adalah produsen mangan terbesar di Brasil, dengan pangsa pasar nasional sekitar 70%. Tambang Azul di Pará menghasilkan 80% produk kami. Kami juga yang terbesar dalam produk logam campuran besi berdasar mangan.

  • Bijih mutu tinggi

    Tambang Azul di Pará dan Urucum di Mato Grosso do Sol menonjol karena menghasilkan bijih berkandungan mangan tinggi—serendah-rendahnya 40%.


Menggunakan kembali bijih

Satu teknologi yang dikembangkan Vale telah memungkinkan penggunaan kembali partikel kecil zarah yang disimpan di kolam tailing sesudah diproses. Sebagai hasil inisiatif tersebut, kolam tailing di Tambang Azul tak lagi dianggap penyimpanan limbah—tapi malah dianggap “sumber mineral”, artinya tempat yang memiliki bijih dengan kondisi dan jumlah memadai untuk eksploitasi ekonomis. Kolam Azul adalah kolam tailing pertama di Brasil yang menerima klasifikasi itu.