Program antikorupsi

Tata Kelola

Program antikorupsi

Kode Perilaku Vale memiliki bab yang didedikasikan untuk Program Antikorupsi perusahaan. Vale tidak memberi toleransi untuk korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi. Perseroan menyediakan berbagai saluran yang bisa dimanfaatkan para pemangku kepentingan untuk menyampaikan informasi maupun laporan setiap pelanggaran atau indikasi korupsi.

Dokumen utama Program Antikorupsi adalah Kode Perilaku, Kebijakan Antikorupsi Global dan Manual Kepatuhan Antikorupsi Global. Berdasarkan aturan tersebut, serta disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia, PT Vale menetapkan Kebijakan Antikorupsi PT Vale dan Manual Kepatuhan Antikorupsi PT Vale.

Sosialisasi Manual Antikorupsi

Untuk mendukung upaya membangun kepatuhan dan budaya antikorupsi, perusahaan melakukan berbagai pelatihan dan sosialisasi. PT Vale menyelenggarakan Pelatihan Penyegaran Antikorupsi setiap tahunnya. Program pelatihan anti-korupsi untuk beberapa karyawan yang diprioritaskan antara lain bagian Pengadaan, bagian Hubungan Luar perusahaan dan perijinan, bagian Sumber Daya Manusia, serta karyawan lain yang dalam pekerjaannya akan berinteraksi dengan institusi atau pejabat pemerintah juga dilakukan.

Setiap tahun, pada Hari Anti-Korupsi Sedunia, email dikirim ke semua karyawan, berisikan pesan dari CEO yang memperkuat nilai-nilai Vale dan tidak menoleransi segala jenis korupsi.

Di sisi lain, PT Vale menerapkan e-procurement sebagai salah satu pendekatan untuk meminimalkan risiko korupsi. Penerapan e-procurement juga menjadi bagian dari transparansi manajemen kontrak. Terdapat klausul dalam setiap kontrak untuk tidak melakukan bribery dan korupsi.