Direksi

Tata Kelola

Direksi

Di bawah koordinasi Presiden Direktur, Direksi memiliki tanggung jawab secara kolegial atas pengelolaan Perseroan secara efektif, efisien dan hati-hati untuk kepentingan, maksud, dan tujuan Perseroan serta mewakili Perseroan baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan.

Piagam Direksi

Direksi menjalankan peran, tugas, tanggung jawab dan kewajiban dengan berpedoman pada Piagam Direksi. Evaluasi terhadap Piagam Dewan Komisaris dilakukan secara berkala dengan mengacu kepada peraturan perundangundangan yang berlaku.

Piagam Direksi terakhir kali diperbaharui pada tanggal 7 Oktober 2020, bisa di unduh di laman Kebijakan Tata Kelola kami.

Penunjukan dan Kriteria Keanggotaan Direksi

Suksesi Direksi Perseroan di atur dalam sistem Career and Succession Planning (“CSP”). Sistem CSP menyediakan program-program penunjang perencanaan karir dan suksesi, antara lain, proses evaluasi kinerja karyawan, aspirasi karir, program pelatihan dan pengembangan diri.

Sistem CSP mewajibkan masing-masing anggota Direksi Perseroan menominasikan paling tidak seorang calon pengganti yang akan dikembangkan. Selain oleh Direksi yang menjabat, calon pengganti dapat juga diajukan oleh Pemegang Saham serta sumber professional lain yang ditunjuk oleh Dewan Komisaris.

Sesuai dengan Kebijakan Proses Nominasi dan Remunerasi, calon pengganti akan direkomendasikan kepada Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi. Selanjutnya Komite melakukan penilaian calon pengganti dengan mempertimbangkan kualifikasi calon tersebut, kebutuhan Perseroan serta persyaratan yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil penilaian disampaikan kepada Dewan Komisaris, yang akan membawa calon yang dipilih untuk diangkat dan ditetapkan oleh Pemegang Saham di dalam RUPS.


Komposisi Direksi per 31 Agustus 2021 adalah sebagai berikut:

Presiden Direktur: Febriany Eddy

Wakil Presiden Direktur: Adriansyah Chaniago

Direktur: Bernardus Irmanto

Direktur: Vinicius Mendes Ferreira

Direktur: Dani Widjaja

Biografi para Direksi kami dapat ditemukan pada laman kepemimpinan kami.

Direksi didukung oleh:

Unit Audit Internal

Pembentukan Unit Audit Internal mengacu pada POJK No.56/POJK.04/2015 Tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal. Sesuai Piagam Unit Audit Internal (“POJK 56”). Unit Audit Internal bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris melalui Komite Audit, dan secara administratif bertanggung jawab kepada Presiden Direktur.

Struktur dan Kedudukan Unit Audit Internal

Unit Audit Internal terdiri dari setidaknya tiga auditor internal. Personel Unit Audit Internal tidak diperkenankan menjabat posisi di departemen-departemen atau divisi operasional lain di Perseroan.

Unit Audit Internal dipimpin oleh seorang Senior Manager Internal Audit selaku Kepala Unit Audit Internal, yang diangkat dan diberhentikan oleh Direksi dengan persetujuan Dewan Komisaris. Hingga akhir periode pelaporan, jumlah anggota auditor internal pada Unit Audit Internal Perseroan ada dua orang.

Corporate Secretary

Penunjukan Sekretaris Perusahaan diatur dalam POJK No.35/POJK.04/2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten atau Perusahaan Publik (“POJK 35”) dan Peraturan BEI No.1-E Tentang Kewajiban Penyampaian Informasi. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab kepada Direksi, dan diangkat/diberhentikan berdasarkan Keputusan Direksi dengan persetujuan Dewan Komisaris. Sekretaris Perusahaan memiliki fungsi strategis, sebagai penghubung antara Perseroan dengan pemegang saham, OJK, BEI dan pemangku kepentingan lain.

Tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan mengacu kepada Piagam Sekretaris Perusahaan, yang terakhir kali diperbarui dan disetujui Direksi pada 12 Januari 2015. Selama periode pelaporan belum dilakukan perubahan Piagam Sekretaris Perusahaan karena dinilai masih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sekretaris Perusahaan saat ini dijabat oleh Cut Fika Lutfi yang ditunjuk Direksi berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direksi No 002/SK-DIR/XI/2018 tertanggal 30 November 2018. Penunjukan Sekretaris Perusahaan berlaku efektif pada tanggal 1 Desember 2018 dan telah dilaporkan kepada OJK dan BEI melalui surat No.1026/SS-J/XII/2018 tertanggal 3 Desember 2018.

Sekretaris Perusahaan dapat dihubungi melalui kontak berikut:
The Energy Building, 31st floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190 Indonesia
P: + 62-21-524 9000
F: + 62-21-524 9020
E: ptvi-corpsec[at]vale.com

Unit Manajemen Risiko

Unit Manajemen Risiko dibentuk pada tanggal 4 Mei 2016 dan bertanggung jawab untuk memfasilitasi proses pengelolaan risiko Perseroan. Tugas-tugas Unit Manajemen Risiko termasuk penilaian risiko, menyiapkan kontrol pencegahan dan rencana mitigasi risiko, pemantauan pelaksanaan kontrol pencegahan dan rencana mitigasi, evaluasi proses pengelolaan risiko, serta membuat laporan kepada Direksi dan Komite Mitigasi Risiko.

Tugas dan tanggung jawab Unit Manajemen Risiko diatur dalam Piagam Unit Manajemen Risiko yang telah diperbaharui dan disahkan oleh Direksi, efektif pada tanggal 20 November 2019. Piagam tersebut mengatur antara lain, tugas, tanggung jawab dan wewenang, laporan, keanggotaan dan penilaian kinerja.

Unit Manajemen Risiko dipimpin oleh Manajer Unit Manajemen Risiko. Sampai dengan akhir tahun 2020 Manajer Unit Manajemen Risiko dijabat Budi Handoko, berdasarkan penunjukan Direksi melalui SK No. 01/SK-DIR/IX/2019 tanggal 27 September 2019. Manajer Unit Manajemen Risiko dibantu lima orang perwakilan ex-officio dari masing-masing anggota Direksi, yakni Chief Executive Officer (CEO), Chief Operational Officer (COO), dan Chief Financial Officer (CFO).