Genesis

Genesis

Genesis

Projeto Vale Gênesis

Proyek Genesis

Petualangan fotografis di wilayah
tak terjamah di planet ini, di mana manusia hidup selaras dengan alam. Penghargaan visual pada keagungan dan keringkihan planet Bumi.

Sebastião Salgado

Sebastião Salgado lahir pada tahun 1944 di Aimorés, di negara bagian Minas Gerais, Brasil. Lulus dari jurusan ekonomi, ia menceburkan diri ke dunia fotografi pada 1973. Ia lebih banyak berkarya di penerbitan internasional, juga mendapatkan pengakuan dan berbagai penghargaan atas laporannya tentang Afrika. Pada 90-an, ia dan istrinya, Lelia Wanick, memulai sebuah proyek yang kemudian hari menjadi dasar ekspedisi fotografi Genesis. Proyek ini terkait dengan perbaikan bangunan yang telah runtuh, yang saat ini menjadi pusat kegiatan Earth Institute, sebuah lembaga yang didedikasikan untuk menjaga ekosistem hutan di wilayah Vale do Rio Doce, Minas Gerais. Salgado juga merupakan Goodwill Ambassador untuk UNICEF dan anggota kehormatan American Academy of Arts and Sciences.

Mengenai Proyek

Exposição Virtual

Lihat foto dan video dari Proyek Genesis dan cari tahu lokasi foto pameran selanjutnya

Genesis adalah proyek fotografi yang berlangsung selama bertahun-tahun yang berfokus pada alam. Sebastião Salgado berkeliling dunia antara 2004 hingga 2012, mengunjungi 32 lokasi ekstrim seperti Alaska, Patagonia, Ethiopia dan Amazon. Dalam perjalanan ini, ia mengabadikan foto-foto mencolok yang menunjukkan keagungan dan keringkihan alam, serta persentuhannya dengan manusia dan hewan. Vale telah menjadi sponsor proyek ini sejak 2008. "Genesis berbicara tentang asal-usul bumi, planet yang tak tersentuh, kawasan-kawasannya yang paling murni dan cara hidup tradisional di mana manusia hidup selaras dengan alam. Saya ingin orang menyaksikan planet kita dari sudut yang berbeda, kemudian tergerak dan terdorong untuk membina hubungan yang lebih dekat dengan planet kita," jelas Salgado.

Dengan berjalan kaki, naik bus, menumpang perahu kecil, pesawat terbang, dan bahkan dalam balon udara, Salgado telah mengabadikan gurun-gurun luas, tanah-tanah beku, gunung-gunung es, gunung-gunung berapi, hutan-hutan, pegunungan dan hewan di habitat alami mereka – mulai dari penguin, singa laut dan ikan paus di Antartika dan Atlantik Selatan, sampai macan tutul, rusa kutub dan gajah di Afrika. Dalam usahanya mencari masyarakat primitif, ia menemukan suku-suku dengan adat istiadat kuno dan jarang atau tidak pernah kontak sama sekali dengan dunia luar, seperti orang-orang yang hidup dalam "isolasi" hutan hujan di Amazon dan Papua Nugini.

Dalam proyek-proyek sebelumnya, seperti Para Pekerja dan Eksodus, Salgado mengabadikan foto-foto musuh kemanusiaan. Sementara proyek Genesis menghormati alam, proyek ini juga mengabarkan peringatan tentang segala sesuatu yang berisiko hilang dari kehidupan manusia saat ini. Dia tidak mengambil pendekatan jurnalistik, ilmiah ataupun antropologi, melainkan kecintaan seorang fotografer dalam mengikuti mimpi romantisnya untuk mengabadikan alam dalam wujud paling aslinya. Seluruh koleksi akan dipamerkan ke khalayak umum dalam bentuk lebih dari 250 foto hitam putih, buku, pameran keliling dunia (lihat jadwal di bawah) dan sebuah film dokumenter yang diolah oleh sutradara Wim Wenders dan Juliano Ribeiro Salgado.

Kemitraan

Untuk Vale, Genesis adalah representasi artistik bermutu tinggi dari misi, visi dan nilai perusahaan kami, serta komitmen perusahaan untuk mengintegrasikan pengembangan di tengah masyarakat di mana kami beroperasi di seluruh dunia. Proyek ini menunjukkan bahwa hubungan yang harmonis antara manusia dan alam sangat penting bagi keseimbangan planet kita. Keseimbangan ini hanya dapat dicapai melalui dialog dan keterlibatan dari semua orang dalam mencari solusi-solusi yang berkelanjutan.

Tilik Laporan Keberlanjutan dan beberapa inisiatif pelestarian lingkungan kami.

Selain menyokong proyek Genesis, Vale juga mendukung Earth Institute sejak didirikan pada tahun 1999. Kami telah menyumbangkan 500.000 bibit dari Cagar Alam Vale untuk kegiatan reboisasi lembaga ini. Sampai saat ini, Earth Institute telah menanam lebih dari 2 juta pohon. Kami juga mendukung lembaga ini dalam proyek pemulihan sumber-sumber air sungai di wilayah Vale do Rio Doce.