Di Paraguay, Vale menyokong upaya untuk melatih “para pemuda penjaga kehidupan burung”

Inisiatif

Di Paraguay, Vale menyokong upaya untuk melatih “para pemuda penjaga kehidupan burung”

Dengan buku catatan dan teropong di tangan, mata penuh perhatian diarahkan ke langit: beberapa kelompok yang terdiri hingga 50 anak mengamati spesies burung yang terancam punah di sebuah taman di Asunción, Paraguay. Dikenal sebagai Guardians Club, kelompok ini adalah inisiatif sosial-lingkungan yang didukung oleh Vale.

Kegiatan mereka, yang dikelola oleh LSM Guyra Paraguay, diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang selaras dengan parktik-praktik berkelanjutan Vale: konservasi keanekaragaman hayati dan pelestarian lingkungan.

Kelompok-kelompok tersebut beranggotakan para pelajar dari komunitas tepian sungai dan anak-anak para karyawan Vale. Dalam pertemuan-pertemuan mereka, sejumlah ahli biologi dan spesialis menjelaskan pentingnya keseimbangan lingkungan sembari mengidentifikasi dan menghitung jumlah burung.

Lima spesies dipantau oleh Guardians Club. Baca lebih lanjut:

Hyacinth Macaw

Hyacinth Macaw (Anodorhynchus hyacinthinus)

Status perlindungan di Paraguay: Terancam punah

Masalah: Hilangnya habitat alamiah lantaran kehadiran manusia dan perdagangan liar satwa.

Fakta menarik: Rata-rata umur burung jenis ini mencapai 60 tahun. Mereka dikenal dengan kebiasaan “bercinta”: pemandangan burung-burung ini saling menggosokkan kepala dan menyentuhkan paruh sering terlihat. Pasangan burung ini saling setia hingga mati.

Bare-throated Bellbird

Bare-throated Bellbird (Procnias nudicollis)

Status perlindungan di Paraguay: Terancam

Masalah: Pembalakan hutan dan perdagangan satwa

Fakta menarik: di Paraguay, burung ini dikenal dengan nama– “pájaro campana” – karena suara melengking burung jantan saat menandai wilayahnya. Burung-burung muda berlatih bertahun-tahun untuk menakuti musuh dan menguasai wilayah mereka.

Saffron-cowled Blackbird

Saffron-cowled Blackbird (Xanthopsar flavus)

Status perlindungan di Paraguay: Rentan punah

Masalah: Kekurangan sumber air akibat terdesak lahan peternakan dan pertanian.

Fakta menarik: banyak ditemukan di Pampas Argentina, Uruguay dan pedalaman Paraguay, Saffron-cowled Blackbird selalu berkelompok: kawanan dengan jumlah hingga 500 burung sering terlihat saat terbang rendah mencari makan di sungai dan danau.

Saffron Toucanet

Saffron Toucanet (Baillonius bailloni)

Status perlindungan di Paraguay: Rentan punah

Masalah: Pembalakan hutan

Fakta menarik: Burung ini adalah jenis toucan terkecil dari lima species toucan yang ditemukan di Paraguay dan hanya bisa dijumpai di kawasan Hutan Atlantic di wilayah Alto Paraná. Dengan keterbatasan habitatnya di satu wilayah saja, Saffron Toucanet tergolong species yang terancam. Burung jenis ini menyukai buah beri hitam.

White-winged Nightjar

White-winged Nightjar (Eleothreptus candicans)

Status perlindungan di Paraguay: Terancam.

Masalah: tanaman-tanaman asli tergusur oleh tanaman pertanian

Fakta menarik: Spesies yang aktif di malam hari (nocturnal) ini, dikenal karena perilaku burung jantan yang gemar memamerkan bulu-bulu putihnya pada betina saat bulan purnama. Berukuran kecil, White-winged Nightjar termasuk burung jinak dan mudah ditangkap.

​​

Something went wrong. Please try again later or contact us to report the error.