Snolab

Inisiatif

Snolab

Snolab

Mengungkap misteri Alam Semesta jauh di dalam tanah pertambangan

Pernahkah Anda membayangkan dua kilometer di bawah permukaan tanah mungkin ada laboratorium fisika dengan ilmuwan dan peralatan ultra modern untuk mengungkap misteri alam semesta? Kedengarannya seperti adegan film fiksi ilmiah, tapi yang ini merupakan salah satu investasi utama Vale di bidang inovasi.

Snolab  

Disebut sebagai laboratorium terdalam dan terbersih di dunia, Snolab (Sudbury Neutrino Observatory Lab) terletak di kedalaman tambang Creighton kami, di Sudbury, Ontario, Kanada. Dengan tangki besar yang dipenuhi Argon, gas mulia yang mirip dengan nitrogen, dan gas berpendingin lainnya, laboratorium ini meningkatkan produksi penelitian ilmiah, menghasilkan dan menyebarkan pengetahuan baru ke dunia pertambangan.

Snolab untuk dunia

Di antara studi utama yang dilakukan di laboratorium ini adalah meneliti proses radioaktif langka yang disebut peluruhan beta granul neutrino, yang dapat menjelaskan perkembangan materi dan dunia. Beberapa proyek penelitian sedang mencoba menemukan, misalnya, partikel benda gelap yang tersisa dari Big Bang, ledakan besar yang memunculkan Alam Semesta. Neutrino adalah salah satu partikel yang didapati melimpah di Kosmos. Bebas muatan listrik dan dengan massa yang sangat kecil, partikel ini dianggap sebagai elemen kunci, karena bisa berhubungan dengan materi dan benda gelap.

Galeri

GalleryGalleryGallery
GalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGallery
GalleryGalleryGalleryGalleryGalleryGallery

 
 

Snolab untuk Vale

Snolab juga berfungsi sebagai basis pemasangan untuk alat pemantau seismik tiga dimensi yang disebut Pups (Polaris Underground Project at Snolab), yang memberikan informasi rinci tentang aktivitas seismik ke industri pertambangan. Informasi geoteknik ini, misalnya, membantu kami untuk merencanakan penggalian tambang lebih dalam.

Peneliti dan direktur laboratorium Nigel Smith mengatakan bahwa Snolab memiliki beberapa proyek penelitian yang sedang berjalan yang dapat diterapkan pada bisnis Vale dan pertambangan pada umumnya. Beberapa di antaranya terkait dengan penggalian batu dan pengeboran, aktivitas yang biasa dilakukan dalam industri ini.


Masih banyak yang harus diteliti sehubungan dengan cara terbaik untuk menambang, cara membuka dan memelihara galian. Ini adalah salah satu bidang yang bisa kita sumbangkan dengan mengembangkan teknik-teknik lainnya. Dukungan Vale sangat penting untuk membuka batas baru ilmu pengetahuan.

NIGEL SMITH
Direktur Snolab

Bumi sebagai tameng

The Earth as a shield

Tapi, kenapa lab itu di bawah tanah? Kedalaman diperlukan untuk melindungi lingkungan dari radiasi kosmik yang membombardir permukaan planet ini. Dibangun dua kilometer di bawah permukaan, Snolab memungkinkan ilmuwan melakukan eksperimen di lingkungan di mana kemungkinannya paling kecil ada gangguan radioaktivitas sinar matahari dan lingkungan.

Tingkat kepekaannya sedemikian rupa sehingga eksperimen dapat dipengaruhi oleh uranium yang ada di beton gua dan bahkan oleh potasium yang terkandung dalam keringat tangan seseorang. Menggunakan Bumi sebagai perisai mencegah sinar kosmik masuk memberikan kondisi terbaik dalam melakukan penelitian untuk memahami lebih baik tentang Alam Semesta, seperti munculnya galaksi, misalnya.