Ruang Virtual Realitas: Bioskop pertambangan 3D sesungguhnya

Inisiatif

Ruang Virtual Realitas: Bioskop pertambangan 3D sesungguhnya

Kacamata khusus, ruangan gelap dan layar lebar. Sepertinya bioskop 3D, namun kenyataannya, ini adalah Ruang Virtual Realitas kami, terletak di Minas Gerais. Film yang diputar di sini? Tentang ikhtisar semua operasi Vale di Brasil dalam bentuk 3D. Inisiatif ini merupakan pelopor dalam industri pertambangan di dunia.

Virtual realitas, perencanaan yang presisi

Diciptakan oleh karyawan, sejak tahun 2011, teknologi ini berkontribusi dalam pengambilan keputusan mengenai beberapa aspek operasi dan proyek Vale: dari menentukan wilayah pertambangan, hingga skenario perizinan lingkungan dan bahkan menutup lokasi penambangan.

Semua fitur dapat digunakan untuk pelatihan, pengujian, analisis tahap penilaian risiko, rencana dalam mengatasi masalah keamanan, studi geologi, geoteknik dan lingkungan, disamping menginteraksikan beberapa penelitian.

Bagaimana cara kerjanya?

Layarnya berukuran 6 x 4 meter dan 14 orang sekaligus bisa berinteraksi dengan gambar yang diproyeksikan hanya dengan menggerakkan tangan. Selain ruang tetap, Vale juga memiliki teknologi virtual realitas portabel.

Tapi, bagaimana mungkin? Sejak tahun 2000, Vale telah mengumpulkan basis data geografis dari tambangnya, dengan mengambil gambar beresolusi sangat tinggi. Kami melakukan survei udara 3D dengan laser geoteknologi dan merakit model digital tiga dimensi.

Foto-foto

Kerjasama dengan British Geological Survey

Penggunaan virtual realitas di pertambangan terinspirasi oleh konsep dari British Geological Survey. Didirikan pada tahun 1835, British Geological Survey adalah pusat penelitian geologi tertua di dunia dan terkemuka di Inggris. Pada 2013, Vale menjalin kemitraan dengan institusi ini. Tujuannya untuk menggabungkan teknologi institusi Inggris tersebut dengan teknologi yang digunakan di Vale.

Peta pertambangan di telapak tangan

Dengan perangkat tablet, ahli geologi yang berada di lapangan bisa melakukan pencarian dan penambahan informasi tentang area studi secara waktu nyata (real time).