Inisiatif

Bahasa Padoe

Tari Moriringgo, tarian tradisional suku Padoe

Pelestarian Bahasa Padoe melalui penerbitan Kamus

Nusantara kaya suku bangsa, budaya, dan bahasa. Salah satunya suku Padoe dengan bahasa yang masih terdengar hingga kini.

PT Vale Indonesia mendukung pelestarian bahasa Padoe sebagai pintu masuk pertama untuk mengenali budaya suku yang dikenal pamornya pada abad ke-14 itu. Ke depan, PT Vale berharap bisa mengambil peran lebih besar dalam melestarikan kebudayaan lokal di mana perusahaan beroperasi.


Bahasa menunjukkan bangsa

Through language, we can gain an understanding of the culture and mind of a nation or society.
Lewat bahasa, kita bisa memahami kebudayaan dan alam pikiran suatu bangsa atau masyarakat. Di Indonesia setidaknya terdapat sekitar 700 bahasa Nusantara. Semakin jauh ke timur Indonesia, semakin banyak jumlahnya. Di Papua, misalnya, terdapat sekitar 250 bahasa, namun tiap bahasa dipakai oleh tidak lebih daripada 2.500 orang. Satu dari sekitar 700 bahasa Nusantara yang masih hidup sekarang ini adalah bahasa Padoe.


Penerbitan Kamus Padoe

6 April 2013

Untuk mempertahankan eksistensi budaya Padoe, sejak 2008 sejumlah tokoh suku ini menggagas penerbitan Kamus Bahasa Indonesia-Bahasa Padoe yang diluncurkan 6 April 2013.

Untuk mempertahankan eksistensi budaya Padoe, sejak 2008 sejumlah tokoh suku ini menggagas penerbitan Kamus Bahasa Indonesia-Bahasa Padoe yang diluncurkan 6 April 2013.

10.000 lema

Kamus ini disusun oleh Drs. Roman Manule, dkk sejak 2008. Kamus ini memuat 10.000 lema berupa kosa kata sehari-hari dalam Bahasa Padoe. 

PT Vale mendukung penerbitan Kamus Bahasa Indonesia-Bahasa Padoe karya para pemuka masyarakat Padoe. Kamus ini dapat menjadi pintu masuk pertama untuk mengenali budaya Padoe, selain memperkaya kosakata bahasa Indonesia yang sedang berkembang ini.


Tentang Padoe

Dalam bahasa setempat istilah "Padoe" berarti "orang jauh". Beberapa cerita rakyat menyebutkan banyaknya Pongkiari (ahli perang) dari suku Padoe di masa lalu. Namun seiring perkembangan zaman, eksistensi Pongkiari berangsur-angsur hilang.

  • 12 sub tribes

    12 anak suku

    Padoe adalah salah satu suku dari masyarakat adat Padoe, Karunsi’e, dan Tambee, yang berhimpun dalam konsorsium budaya PASITABE dan mendiami wilayah Kecamatan Wasuponda, Kecamatan Towuti, Kecamatan Nuha, Kecamatan Malili, Kecamatan Angkona, serta Kecamatan Mangkutana di Sulawesi Selatan, dan sebagian di Sulawesi Tengah. Di Luwu Timur, mereka menjadi salah satu bagian dari 12 anak suku di bawah pemerintahan Kedatuan Luwu (Kerajaan Luwu).
  • 18.000 people

    18.000 orang

    Adalah angka perkiraan populasi suku Padoe.
  • 14th century

    Abad 14

    Suku Padoe dikenal pamornya.
​​​