Pesona Burung Danau Matano

Inisiatif

Pesona Burung Danau Matano

elang sulawesi

Pesona Burung danau Matano

Kawasan Danau Matano yang terletak di Sulawesi Selatan memiliki panorama yang cantik dan menarik, namun keindahan burungnya yang berwarna-warni dan bernyanyi merdu belum pernah diungkapkan. Karyawan PT Vale mengabadikannya dalam sebuah buku.

Sulawesi adalah surga biodiversitas dunia, lantaran letaknya dalam garis imajiner Wallacea yang menandai wilayah geografi fauna Asia dan Autralasia. Pentingnya Pulau Sulawesi yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi, menempatkan Sulawesi di peta biodiversitas dunia. Puluhan jenis burung endemik, demikian juga mamalia dan flora, mendiami penjuru pulau ini.

Buku Pesona Burung

5 tahun

Weldi Purwanto, Senior Mechanical/Civil Engineer PT Vale, memiliki hobi mengamati dan memotret burung. Buku Pesona Burung Danau Matano merangkum hasil pengamatannya selama 5 tahun. Buku tersebut diluncurkan pada 30 Januari 2013.

70 burung

Dalam karyanya, Weldi menyajikan sekitar 70 jenis burung, termasuk 9 jenis endemis dan 4 jenis burung migrasi yang acap ditemukan di sekitar Danau Matano.

Menghargai karyawan





Satu dari enam nilai di PT Vale adalah “menghargai karyawan”. Maknanya adalah perusahaan memberi peluang seluas-luasnya bagi perkembangan individu, memberikan penghargaan terhadap prestasi seseorang, mendukung keberagaman, dan mengakui aspirasi serta kebutuhan individu. Lewat karyanya, Weldi telah memberi kita inspirasi untuk menjaga kelestarian alam.

Fakta Menarik

41 spesies

Menurut data buku A Guide to the Birds of Wallacea (1997), di Sulawesi daratan terdapat 41 spesies endemik dari total 224 spesies burung. Sedangkan data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mencatat 35 spesies burung endemik dari 123 spesies di sekitar Danau Matano.

8-100 cm

Sulawesi menjadi habitat bagi burung kecil seperti Cabai panggul kelabu (Grey-sided flowerpecker) berukuran 8 cm, hingga burung besar Julang Sulawesi (Knobbed Hornbill) dengan panjang tubuh 100 cm yang merupakan spesies endemik.

​​​