Program Antikorupsi

Investor

Program Antikorupsi

Perseroan telah melaksanakan program Antisuap dan Antikorupsi (Anti-Bribery and Corruption/ABC)

Sejalan dengan komitmen menerapkan praktik-praktik terbaik tata kelola perusahaan, Perseroan telah melaksanakan program Antisuap dan Antikorupsi (Anti-Bribery and Corruption/ABC). Program ABC melibatkan karyawan dan juga kontraktor dengan tujuan menjunjung tinggi nilai dan prinsip Perseroan dalam melakukan setiap kegiatan bisnis.

Sosialisasi Manual Antikorupsi

Sejak April 2016 hingga awal tahun 2017, sebesar 99,5% dari total 3.058 karyawan Perseroan yang mengikuti Program ABC. Sementara untuk kontraktor pada tahun 2017, tercatat ada 559 peserta yang mewakili 515 pemasok jasa maupun barang yang telah mengikuti pelatihan ABC.

Perseroan juga telah memiliki Manual Perseroan yang disusun berdasarkan aturan Vale Global, serta disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Manual Perseroan memberikan panduan wajib sehubungan dengan unsur-unsur antikorupsi dari Program Kepatuhan Antikorupsi Perseroan.

Perseroan juga telah memiliki mekanisme penyampaian pelaporan pelanggaran, yakni Vale Whistleblower yang dikelola secara independen oleh pihak ketiga. Mekanisme VWC memuat sistem pelaporan yang memuat berbagai bentuk pelanggaran, termasuk perbuatan korupsi. Uraian tentang VWC disampaikan terpisah pada halaman ini.

Untuk mendukung upaya membangun kepatuhan dan budaya antikorupsi, sepanjang tahun 2017 Perseroan melakukan berbagai sosialisasi:

  • Antikorupsi dan Antisuap (Anti-Bribery & Corruption/ABC) bagi pekerja dan pemasok Perseroan.
  • Pemutaran video Vale Antikorupsi pada Peringatan Hari Antikorupsi Dunia.
  • Seminar Antikorupsi kerjasama Perseroan dan Universitas Hasanuddin bagi Pemerintah Daerah Luwu Timur.