Dewan dan komite

Investor

Dewan dan komite



Dewan
Komisaris



Direksi


Komite Tata
Kelola, Nominasi
dan Remunerasi
Perseroan


Komite
Audit



Komite Mitigasi
Risiko

Dewan Komisaris

Dewan Komisaris Perseroan bertanggung jawab mengawasi pengelolaan Perseroan oleh Direksi, serta memberikan pendampingan dalam menentukan strategi Perseroan. Dewan Komisaris juga bertanggung jawab memberikan saran dan rekomendasi kepada Direksi terkait isu dan permasalahan tertentu.

Anggota Dewan Komisaris Perseroan diangkat dan diberhentikan oleh RUPS. Perseroan menetapkan Dewan Komisaris dengan komposisi keanggotaan yang berimbang dalam hal latar belakang profesionalitas, pendidikan, pengalaman, kewarganegaraan dan jenis kelamin.

Penentuan dan seleksi calon anggota Dewan Komisaris dilaksanakan oleh Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi dengan mempertimbangkan kualifikasi dan kebutuhan Perseroan. Selain itu Perseroan juga mengacu pada POJK Tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten Atau Perusahaan Publik; Anggaran Dasar dan Kebijakan Proses Nominasi dan Remunerasi Perseroan.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, anggota Dewan Komisaris mengacu pada Anggaran Dasar Perseroan, Piagam Dewan Komisaris, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Temukan dan Unduh Piagam Dewan Komisaris di laman Kebijakan Tata Kelola kami.


Komposisi Dewan Komisaris per 2 April 2019:

Presiden Komisaris: Eduardo Bartolomeo

Wakil Presiden Komisaris: Mark James Travers

Komisaris: Luiz Fernando Landeiro

Komisaris: Nobuhiro Matsumoto

Komisaris Independen: Mahendra Siregar

Komisaris Independen: Raden Sukhyar

Biografi anggota Dewan Komisaris kami dapat ditemukan pada laman Kepemimpinan.

Direksi

Direksi bertanggung jawab secara kolegial mengelola Perseroan secara efektif, efisien dan hati-hati untuk kepentingan, maksud, dan tujuan Perseroan. Kedudukan masing-masing anggota Direksi termasuk Presiden Direktur adalah setara. Di bawah koordinasi Presiden Direktur, Direksi mengawasi kinerja dan proses operasional, hukum, tanggung jawab sosial dan keuangan Perseroan secara keseluruhan.

Sesuai Anggaran Dasar Perseroan, Perseroan dikelola oleh Direksi yang terdiri dari sekurang-kurangnya tiga orang anggota dan sebanyak-banyaknya sepuluh orang anggota Direksi dengan komposisi sebagai berikut: Satu orang Presiden Direktur;Satu orang Wakil Presiden Direktur; Tidak lebih dari delapan orang Direktur.

Tugas dan tanggung jawab anggota Direksi ditentukan berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan, Piagam Direksi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Direksi secara bersama-sama berwenang untuk mengambil keputusan bagi Perseroan dan memiliki lima tugas utama, yaitu terkait manajemen operasional, manajemen risiko, pengendalian internal, komunikasi dan tanggung jawab sosial.

Masing-masing anggota Direksi dapat melaksanakan tugas mengambil keputusan sesuai dengan pembagian tugas dan wewenangnya. Namun demikian, pelaksanaan tugas oleh masing-masing anggota Direksi tetap merupakan tanggung jawab bersama.

Temukan dan Unduh Piagam Direksi di laman Kebijakan Tata Kelola kami.


Komposisi Direksi per 2 April 2019:

Presiden Direktur: Nico Kanter

Wakil Presiden Direktur: Febriany Eddy

Direktur: Bernardus Irmanto

Direktur: Dani Widjaja

Direktur: Agus Superiadi

Direktur: Vinicius Mendes Ferreira

Biografi anggota Direksi kami dapat ditemukan pada laman Kepemimpinan.

Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi Perseroan

Tugas dan tanggung jawab Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi Perseroan adalah membantu Dewan Komisaris, terkait aspek tata kelola perusahaan, proses nominasi dan remunerasi. Komite Tata Kelola, Nominasi, dan Remunerasi dibentuk berdasarkan keputusan Dewan Komisaris pada Rapat Dewan Komisaris tertanggal 27 Maret 2017.

Keanggotaan Komite Tata Kelola, Nominasi, dan Remunerasi Perseroan ditetapkan mengacu pada POJK No.34/POJK.04/2014 Tentang Komite Nominasi dan Remunerasi Perusahaan Publik. Berdasar ketentuan tersebut, komposisi Komite paling sedikit terdiri dari tiga orang anggota, dengan ketentuan satu orang anggota merangkap ketua yang merupakan Komisaris Independen. Anggota lain Komite dapat berasal dari anggota Dewan Komisaris, pihak dari luar Perseroan maupun pihak yang menduduki jabatan manajerial di bawah Direksi yang membidangi sumber daya manusia (SDM).

Penunjukan anggota Komite dilakukan melalui rapat Dewan Komisaris dan dikukuhkan melalui keputusan Dewan Komisaris. Sesuai Anggaran Dasar Perseroan, periode dan masa jabatan anggota Komite adalah dua tahun, yang diadaptasi dari masa jabatan Dewan Komisaris.

Selama tahun 2018 ada perubahan keanggotaan Komite. Komposisi keanggotaan Komite per 31 Desember 2018 terdiri dari seorang Ketua dan 3 orang anggota.


Komposisi Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi Perseroan per 31 Desember 2017:

Ketua: Mahendra Siregar, tanggal penunjukan 4 September 2018

Anggota: Eduardo Bartolomeo, tanggal penunjukan 4 April 2018

Anggota: Mark James Travers, tanggal penunjukan 4 September 2018

Anggota: Nobuhiro Matsumoto, tanggal penunjukan 20 Juli 2018

Biografi anggota Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi Perseroan kami dapat ditemukan pada laman Kepemimpinan.

Komite Audit

Komite Audit bertugas membantu Dewan Komisaris dalam memenuhi tanggung jawab pengawasan terhadap proses dan integritas dari pelaporan keuangan, manajemen risiko, dan audit pada Perseroan. Komite Audit bertanggung jawab langsung kepada Dewan Komisaris.

Penetapan keanggotaan Komite mengacu pada POJK No.55/POJK.04/2015 Tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan Kerja Komite. Keanggotaan Komite terdiri atas tidak kurang dari tiga anggota, dengan sekurang-kurangnya terdiri dari satu orang Komisaris Independen dan pihak dari luar Perseroan.

Komite Audit dipimpin oleh Komisaris Independen sebagai Ketua. Pada tahun 2018 Dewan Komisaris telah mengangkat Mahendra Siregar sebagai Ketua Komite Audit, efektif sejak tanggal 4 April 2018. Pengangkatan tersebut dilakukan melalui keputusan Dewan Komisaris yang diambil pada rapat Dewan Komisaris tanggal 4 April 2018, dengan mempertimbangkan rekomendasi Komite Tata Kelola, Nominasi dan Remunerasi Perseroan.

Komite Audit memiliki Piagam Komite Audit yang menjadi pedoman anggota Komite dalam menjalankan peran, tugas dan tanggung jawabnya membantu Dewan Komisaris. Piagam tersebut telah diperbarui dan disetujui Dewan Komisaris tanggal 11 November 2014. Temukan dan Unduh Piagam Komite Audit di laman Kebijakan Tata Kelola kami.


Komposisi Komite Audit per 31 Desember 2018:

Mahendra Siregar, Ketua (April 2018 – sekarang)

Dedi Rudaedi, Anggota (Januari 2015 – sekarang)

Annie Margono, Anggota (November 2017 – sekarang)

Komite Mitigasi Risiko

Komite Mitigasi Risiko dibentuk berdasarkan keputusan Dewan Komisaris pada Rapat Dewan Komisaris tertanggal 27 Maret 2017. Komite memiliki tugas dan tanggung jawab membantu Dewan Komisaris, terkait pengawasan dalam penerapan dan pelaksanaan pengelolaan risiko.

Secara umum, Komite Mitigasi Risiko bertugas membantu Dewan Komisaris dalam mengawasi keseluruhan risiko perusahaan, termasuk memformalisasikan profil risiko dan risiko yang dapat diterima oleh Perusahaan, serta memastikan bahwa kerangka manajemen risiko Perusahaan (seperti kebijakan-kebijakan, tata cara dan praktek-praktek) tetap kuat dan sehat.

Penetapan keanggotaan Komite mengacu pada keputusan Dewan Komisaris dan Piagam Komite Mitigasi Risiko. Berdasar ketentuan tersebut, komposisi Komite terdiri dari tiga orang anggota, dengan ketentuan satu orang anggota merangkap ketua yang merupakan Komisaris Independen. Masa jabatan anggota Komite adalah dua tahun.

Selama tahun 2018 ada perubahan keanggotaan Komite. Keanggotaan Komite per 31 Desember 2018 terdiri dari seorang Ketua dan dua orang anggota.


Komposisi Komite Mitigasi Risiko per 31 Desember 2018:

Raden Sukhyar, Ketua (Juni 2017 – sekarang)

Annie Margono, Anggota (November 2017 – sekarang)

Dino Otranto, Anggota (November 2018 – sekarang)

Hubungan Afiliasi Antara Anggota Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham Utama dan/atau Pengendali

Dewan Komisaris dan Direksi tidak memiliki hubungan afiliasi, baik secara keuangan maupun kekeluargaan antar-satu sama lain, serta dengan Pemegang Saham Utama maupun Pemegang Saham Pengendali.