Kebijakan tata kelola

Kebijakan tata kelola

Kebijakan tata kelola

Keberadaan kebijakan serta praktik tata kelola perusahaan mendukung komitmen kami untuk melakukan hal yang benar, dengan memberikan kerangka bagi pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, yaitu: transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi dan kewajaran dalam seluruh kegiatan kami.

Perseroan didukung oleh berbagai kebijakan internal yang menjadi pedoman dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Beberapa kebijakan internal tersebut, antara lain, Kode Etik dan Perilaku (Code of Ethics and Conduct), Norma Pengadaan (Procurement Norm), Piagam Dewan Komisaris, Piagam Direksi, Piagam Komite Tata Kelola, Piagam Komite Audit, Piagam Internal Audit, Piagam Sekretaris Perusahaan dan berbagai kebijakan serta prosedur lainnya.

Sebagai gambaran, maka hubungan di antara masing-masing di atas adalah sebagai berikut:

As an illustration, the relationship between each of the above is as follows:

Hirarki Kebijakan Perusahaan

  • Kebijakan (POL): Menetapkan, secara umum, pedoman serta prinsip-prinsip dan nilai-nilai Perusahaan.
  • Norma (NOR): Menentukan otoritas, ketentuan umum dan batasan kewenangan terkait dengan proses pengambilan keputusan makro maupun hal-hal yang memiliki relevansi bagi PT Vale secara keseluruhan, termasuk melengkapi dan merinci kebijakan sebagaimana diperlukan.
  • Instruksi (INS): Menjabarkan aturan bagi proses yang saling terkait (atau berhubungan satu dengan lainnya) dan tanggung jawab yang melibatkan unit-unit organisasi yang berbeda, sesuai dengan Kebijakan dan Norma. Terdapat kajian secara kolegial oleh Direksi dan ditandatangani oleh Presiden Direktur bersama Pemilik Proses yang bertanggung jawab untuk proses dan/atau aturan yang saling terkait sebagaimana dimuat dalam dokumen tersebut.
  • Prosedur: Merujuk pada rincian suatu proses.

Kode Etik dan Perilaku

PT Vale telah menetapkan Kode Etik dan Perilaku sebagai salah satu bentuk komitmen PT Vale dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Kode ini mengandung aturan-aturan umum mengenai perilaku etis yang harus dipatuhi oleh angota Direksi, Dewan Komisaris, Komite Audit, manajemen, karyawan, karyawan magang, kontraktor, dan seluruh pihak yang bekerja untuk Perusahaan. Karyawan di setiap tingkatan diharapkan untuk berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai PT Vale dalam mewujudkan visi dan misinya.

Telusuri lebih lanjut

Telusuri lebih lanjut