Sistem whistleblower

Sistem whistleblower

Sistem whistleblower

PT Vale telah memiliki saluran whistleblower yang dikenal sebagai Vale Whistleblower Channel atau VWC yang dibuat sebagai sarana yang dapat digunakan sebagai akses pelaporan alternatif terkait dugaan atau sangkaan adanya pelanggaran atas Kode Etik dan Perilaku PT Vale. Hal ini merupakan salah satu cara PT Vale dalam meningkatkan nilai-nilai etikanya, termasuk prinsip-prinsip tata kelola perusahaan dan ketaatan pada hukum yang berlaku bagi PT Vale.

VWC merupakan layanan pelaporan yang dikelola secara independen dan profesional oleh suatu perusahaan penyedia jasa whistleblowing di Indonesia. Laporan dapat dilakukan menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris, dan akan direspon serta diinvestigasi lebih lanjut dengan prosedur yang melindungi hak dari pelapor dan yang dilaporkan, serta sesuai hukum yang berlaku.

Hal-hal yang dapat dilaporkan sesuai dengan yang ditentukan antara lain: penggelapan, korupsi, pencurian, pelanggaran kebijakan PT Vale, konflik kepentingan, kecurangan laporan keuangan, penyogokan, pelecehan, diskriminasi, pelanggaran ketentuan lingkungan hidup, kesehatan dan keselamatan kerja.

Penyampaian laporan pelanggaran

PT Vale mempromosikan budaya yang terbuka dan transparan di dalam Perseroan. Dengan demikian, diharapkan pelanggaran dapat dihindari sebelum terjadi. Semua karyawan dihimbau untuk menyampaikan semua kekhawatiran, termasuk selamatan, kesehatan, lingkungan ataupun etik.

Sistem perlindungan pelapor

PT Vale tidak memiliki toleransi terhadap tindakan pembalasan atau retaliasi. Tindakan pembalasan dianggap sebagai suatu pelanggaran (misconduct). Seluruh karyawan dihimbau untuk melaporkan setiap kasus pembalasan.

PT Vale menjamin kerahasiaan, kemandirian (tanpa intervensi), ketidakberpihakan dan kekebalan dalam penanganan, penyelidikan dan penyimpanan informasi yang diterima melalui VWC. Hak-hak perorangan dalam membuat laporan dan kerahasiaan nama-namanya juga akan dilindungi. Tidak akan ada bentuk-bentuk pembalasan atau retaliasi terhadap orang-orang yang menggunakan VWC dengan itikad baik.

Sarana dan penanganan pengaduan melalui VWC

Laporan ke VWC dapat dilakukan melalui kanal-kanal di bawah ini:

1) Telepon: 0 800 100 2233

Ini merupakan telepon bebas pulsa. Pelapor akan dilayani tanpa harus menyampaikan identitasnya.

2) Faksimili: +62 21 2993 8456 - Formulir pelaporan dapat diunduh di http://valewhistleblowerchannel.tipoffs.info.

3) Email: vwc@tipoffs.info

4) Website VWC: http://valewhistleblowerchannel.tipoffs.info

5) Surat ke alamat: Vale Whistleblower Channel, PO Box 3035, JKP 10030

Formulir pelaporan dapat diunduh di http://valewhistleblowerchannel.tipoffs.info.

6) Short Message Service (SMS): +62 812 8040 0622

Seluruh pengaduan yang masuk melalui VWC akan dikirimkan ke Ethics and Conduct Office yang selanjutnya akan ditentukan apakah perlu ditindaklanjuti dengan suatu investigasi atas pengaduan tersebut. Investigasi dapat dilakukan secara internal maupun oleh pihak eksternal yang ditunjuk, tergantung dari bentuk pengaduan yang diterima.

Telusuri lebih lanjut tentang Ethics and Conduct Office dengan mengunjungi halaman berikut.

Telusuri lebih lanjut