Dewan dan komite

Dewan dan komite

Dewan dan komite

Dewan
Komisaris
Dewan
Direksi
Komite Tata
Kelola Perusahaan
Komite
Audit

Dewan Komisaris PT Vale merupakan badan pengawas yang bertanggungjawab mengawasi Direksi dan manajemen Perseroan, serta memberikan pemantauan dalam penentuan strategi Perseroan. Dewan Komisaris, baik diminta ataupun tidak oleh Direksi, bertugas memberi nasihat kepada Direksi berkenaan dengan masalah atau topik tertentu. Namun demikian, Dewan Komisaris tidak diperbolehkan untuk ikut terlibat dalam proses pengambilan keputusan operasional, kecuali dalam hal tidak adanya seluruh anggota Direksi secara permanen.

Sebagaimana ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perseroan PT Vale, bahwa susunan anggota Dewan Komisaris terdiri dari sekurang-kurangnya 10 orang jabatan untuk setiap anggota Dewan Komisaris terhitung efektif sejak penutupan RUPST pada saat penunjukan mereka dan berakhir pada saat penutupan dua RUPST selanjutnya. Setiap anggota Dewan Komisaris dapat ditunjuk kembali di masa akhir jabatannya, kecuali untuk komisaris independen dimana saat ini masa baktinya dibatasi menjadi tidak lebih dari dua periode berturut-turut berdasarkan peraturan OJK. Susunan anggota Dewan Komisaris saat ini terdiri dari 10 anggota, dengan tiga anggota menjabat sebagai Komisaris Independen.

Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jumlah anggota Komisaris Independen adalah sebanyak 30% dari jumlah keseluruhan anggota Dewan Komisaris. PT Vale mengadakan penilaian terhadap Komisaris Independen setiap tahun untuk memastikan independensi mereka. Setiap tahun, PT Vale juga mewajibkan setiap anggota independen dari Dewan Komisaris untuk menandatangani surat pernyataan status independensi serta mengungkapkan kondisi apapun yang dianggap berpotensi menyebabkan benturan kepentingan dengan setiap tindakan yang diambil oleh Dewan Komisaris.

Temui para anggota dewan komisaris kami disini.

Dewan Direksi bertanggung jawab untuk mengelola Perseroan secara efektif, efisien dan hati-hati untuk kepentingan Perseroan sesuai dengan maksud, tujuan dan kegiatan usahanya. Di bawah koordinasi Presiden Direktur, Dewan Direksi mengawasi fungsi operasional, korporasi, hukum dan keuangan Perseroan. Seluruh anggota Dewan Direksi bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur untuk memastikan bahwa Presiden Direktur mengetahui perkembangan seluruh aspek yang terkait dengan aktivitas operasi Perseroan. Dewan Direksi berperan selaku pemimpin dalam menentukan tingkat risiko yang dapat diterima oleh Perseroan dalam hal menghadapi kepentingan dan hubungan dengan para pemangku kepentingan Perseroan.

Dalam menjalankan tugasnya, Dewan Direksi berada dalam pengawasan serta mendapat pengarahan langsung dari Dewan Komisaris. Dewan Direksi wajib meminta persetujuan terlebih dahulu dari Dewan Komisaris untuk pelaksanaan tindakan-tindakan tertentu.

Temui paraanggota dari Dewan Direksi kami.

Dewan Komisaris membentuk Komite Tata Kelola Perusahaan, yang bertanggung jawab langsung kepada Dewan Komisaris, untuk membantu pelaksanaan tugas Dewan Komisaris terkait aspek tata kelola perusahaan dan remunerasi.

Dalam menjalankan peran, tugas dan kewajibannya, Komite Tata Kelola Perusahaan berpedoman pada Piagam Komite Tata Kelola Perusahaan dari Dewan Komisaris, tanggal 28 Oktober 2010, yang disusun untuk melengkapi, dan bukan untuk menggantikan, atau memberikan interpretasi atas Anggaran Dasar Perseroan; visi dan misinya; Piagam Dewan Komisaris; Piagam Dewan Direksi; atau hukum dan peraturan yang berlaku. Komite Tata Kelola Perusahaan bekerja dan bertukar informasi dengan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi, serta bekerja dengan, melalui Dewan Direksi, karyawan Perseroan dan pihak-pihak eksternal yang terkait.

Setiap anggota Komite Tata Kelola Perusahaan diharapkan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban mereka dengan itikad baik dan penuh kehati-hatian, bertanggung jawab penuh dan sesuai dengan: (i) hukum dan perundang-undangan yang berlaku; (ii) semua ketentuan Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia; (iii) Anggaran Dasar dan kebijakan Perseroan; (iv) Piagam Komite Tata kelola Perusahaan dan (v) instruksi dari Dewan Komisaris.

Komite Tata Kelola Perusahaan terdiri dari tidak kurang dari empat anggota Dewan Komisaris. Dengan semua anggota memiliki jangka waktu masa jabatan selama dua tahun. Dewan Komisaris menunjuk salah satu dari keempat anggota tersebut sebagai ketua komite. Selain itu, setiap anggota Komite Tata Kelola juga merupakan anggota Dewan Komisaris.

Pada akhir tahun 2014, terdapat empat anggota Komite Tata Kelola Perusahaan yang dipilih dari Dewan Komisaris, termasuk dua nominator dari Vale Canada Limited, satu nominator dari Sumitomo dan satu Komisaris Independen.

Rincian anggota Komite Tata Kelola adalah sebagai berikut

Anggota

  • Ketua: Jennifer Maki, ditunjuk pada 2014.
  • Anggota: Mark Travers, ditunjuk pada 2012.
  • Anggota: Mikinobu Ogata, ditunjuk pada 2012.
  • Anggota: Arief T. Surowidjojo, ditunjuk pada 2009.

Komite Audit bertugas membantu Dewan Komisaris dalam memenuhi tanggung jawab pengawasan dengan menjaga integritas pelaporan keuangan, manajemen risiko, dan audit keuangan untuk Perseroan. Komite Audit bertanggung jawab secara langsung kepada Dewan Komisaris. Dalam menjalankan peran, tugas dan tanggung jawabnya, Komite Audit bekerja secara independen dengan mengacu pada Piagam Komite Audit.

Komite Audit terdiri dari tidak kurang dari tiga anggota yang ditunjuk dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris, yang setidaknya satu diantaranya adalah Komisaris Independen dan berasal dari luar Perseroan. Masa jabatan Anggota Komite Audit adalah dua tahun untuk satu periode dan dapat ditunjuk kembali untuk satu periode berikutnya. Setiap anggota Komite Audit diwajibkan untuk memenuhi persyaratan keanggotaan Komite Audit, termasuk dalam hal kompetensi dan independensi.

Selama tahun 2014, terjadi perubahan keanggotaan Komite Audit PT Vale dengan komposisi anggota Komite Audit sebagai berikut:

Anggota

  • Arief T. Surowidjojo: Ketua dan Anggota Independen (sampai April 2014)
  • Irwandy Arif: Ketua dan Anggota Independen (mulai April 2014)
  • Erry Firmansyah: Anggota Independen (sampai Oktober 2014)
  • Sidharta Utama: Anggota Independen (sejak Juli 2012)
  • Dedi Rudaedi: Anggota Independen (mulai Januari 2015)

Telusuri lebih lanjut