Struktur tata kelola perusahaan

Struktur tata kelola perusahaan

Struktur tata kelola perusahaan

Rapat Umum Pemegang Saham

Pelaksanaan kebijakan merupakan dasar bagi tata kelola perusahaan yang baik

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, struktur tata kelola perusahaan terdiri dari tiga organ perusahaan, yaitu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi.

RUPS merupakan organ Perseroan dengan wewenang tertinggi dan berperan dalam membantu para pemegang saham dalam mengambil keputusan-keputusan penting yang terkait dengan investasi mereka di PT Vale. Sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar Perseroan serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, semua keputusan penting dilakukan di dalam RUPS, termasuk pemilihan anggota Dewan Komisaris dan Direksi.

Dewan Komisaris dibantu oleh komite-komite pendukungnya. Komite Audit bertanggung jawab untuk mengkaji dan menilai manajemen risiko Perseroan. Sedangkan, Komite Tata Kelola Perusahaan, antara lain, bertanggung jawab pula atas nominasi dan remunerasi Perseroan.

Direksi didukung oleh departemen internal Perseroan. Semuanya diberi tugas untuk mengawasi internal organisasi Perseroan guna menjalankan komitmen untuk mengembangkan dan menerapkan praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik melalui pengendalian internal yang efektif dan efisien serta ketentuan-ketentuan mengenai manajemen risiko.

Hal ini dilakukan agar Dewan Komisaris dan Dewan Direksi dapat memastikan bahwa Perseroan dikelola sesuai standar integritas tertinggi. Oleh karena itu, kita dapat keuntungan jangka panjang yang maksimal bagi pemegang saham sekaligus memberikan manfaat dan kesejahteraan yang berkesinambungan bagi masyarakat di daerah tempat kami beroperasi.

Temui para anggota dari dewan eksekutif kami

Telusuri lebih lanjut