Sekilas lokasi kerja

Karier

Sekilas lokasi kerja

Aktivitas bisnis Vale Indonesia tersebar di empat wilayah. Pertama berada di Jakarta yang merupakan kantor pusat bisnis dan manajemen perusahaan. Kedua, berada di Makassar yang merupakan kantor cabang manajemen untuk wilayah operasi Provinsi Sulawesi Selatan. Kemudian Sorowako yang merupakan pusat operasional perusahaan dan Bahodopi di yang merupakan proyek pengembangan Vale Indonesia di masa depan.

Jakarta

DKI Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia. Berlokasi di barat laut Pulau Jawa dengan luas 661 kilometer persegi, Jakarta menjadi pusat area metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Berdiri pada abad ke-4, Jakarta, yang dulu bernama Batavia, telah berperan sebagai ibukota dan merupakan lokasi pelabuhan dagang penting bagi Kerajaan Sunda.

Jakarta adalah pusat bisnis dan pemerintahan RI. Di sini berdiri kantor-kantor pemerintah pusat, kantor BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Pada 2012, pendapatan per kapita masyarakat Jakarta sebesar Rp 110,46 juta per tahun (USD 12,270). Dalam periode 2009-2012, pembangunan gedung-gedung pencakar langit (di atas 150 meter) di Jakarta mencapai 87,5%. Hal ini menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan pencakar langit tercepat di dunia.

Dengan jumlah penduduk Jabodetabek sekitar 28 juta jiwa, area tersebut merupakan kawasan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia. Dari kumpulan data penduduk yang dirilis Wendell Cox Demographia, Tokyo-Yokohama tercatat menjadi kota terbesar, diikuti Jabodetabek, Seoul-Incheon, Delhi, Shanghai dan Manila.

Makassar

Dulu dikenal sebagai Ujung Pandang, Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar memiliki wilayah seluas 175 kilometer persegi dan penduduk kurang lebih 1,4 juta jiwa. Kota ini termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia. Suku yang signifikan jumlahnya di kota Makassar adalah suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa.

Melalui peran pelabuhan Makassar, kota ini berperan sebagai kota niaga terpenting di Kawasan Timur Indonesia (KTI), sekaligus menjadi pusat aktivitas ekonomi, pemerintahan dan pendidikan di wilayah Indonesia Timur. Kekayaan bahari Makassar merupakan bagian dari Dangkalan Spermonde (Spermonde Shelf), hamparan ratusan pulau di barat Sulawesi Selatan. Dari jumlah itu, duabelas pulau di antaranya merupakan bagian wilayah Kota Makassar.

Sejarah Makassar masih terjaga hingga kini. Fort Rotterdam, benteng peninggalan Kesultanan Gowa dan dibangun kembali oleh Gubernur Jenderal Speelman dengan langgam arsitektur Belanda, masih berdiri megah. Bahkan seorang wartawati New York Times menyebutnya “the best preserved Dutch fort in Asia”.

Sorowako

Sorowako adalah pusat operasional Vale Indonesia dan kawasan permukiman karyawan. Merupakan satu dari 11 kecamatan di Kabupaten Luwu Timur yang berjarak 590 kilometer dari Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Sorowako memiliki populasi penduduk sebanyak 25.537 jiwa (2011).

Menurut garis Wallacea, kawasan ini secara biogeografis merupakan zona transisi dua daerah pengaruh Asia (bagian Barat) dan EAustralia (bagian Timur). Hal itu yang membuat daerah yang terdapat Danau Matano ini kaya akan keanekaragaman flora dan fauna.

Danau Matano memiliki kedalaman 594 meter yang sekaligus menjadikannya danau terdalam di Asia Tenggara. Danau yang memiliki visibilitas air yang baik ini merupakan habitat ikan endemis seperti Opudi (Telmatherina celebensis) dan Butini (Glossogobius matanensis).

Bahodopi

Bahodopi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Kabupaten Morowali memiliki luas wilayah 14.489 kilometer persegi dan berpenduduk sebanyak 179.649 jiwa. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Poso.

Dalam rencana pengembangan PT Vale (growth plan), di lokasi ini akan dibangun pelabuhan laut dan pabrik pemurnian nikel (refinery) untuk mengolah nickel matte yang dihasilkan di pabrik pemorosesan PT Vale di Sorowako.