Laporan Keberlanjutan 2018

Keberlanjutan

Laporan Keberlanjutan 2018

Laporan Keberlanjutan

2018

Tentang
Laporan

Laporan Keberlanjutan Vale selalu fokus pada tantangan, pencapaian, dan strategi untuk menghidupkan Misi kami: mengubah sumber daya alam menjadi kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan. Namun, peristiwa kebocoran Dam I di tambang Córrego do Feijão di Brumadinho, Minas Gerais, mendesak untuk dipertanggung jawabkan dan didiskusikan kepada pemangku kepentingan.

Maka di edisi ke-12 ini, laporan kami susun dalam dua bagian. Bagian pertama, kami menyajikan upaya penanganan dan hasil-hasil terkait kebocoran dam, penjelasan proses pengelolaan dam, pencegahan kecelakaan, dan tanggap darurat.

penjelasan proses pengelolaan dam, pencegahan kecelakaan, dan tanggap darurat.

Pada bagian kedua, kami menyajikan informasi institusional utama Vale dan materi-materi tematik yang menjamin bahwa edisi ini telah disusun sesuai standar Global Reporting Initiative (GRI) dan Mining and Metals Sector Supplement.

Unduh laporan dalam format pdf

Kebocoran
Dam
Córrego do Feijão

Sejak kebocoran Dam I, 25 Januari 2019, semua upaya kami fokuskan untuk meringankan beban orang-orang yang terdampak dan—bersama petugas pemadam kebakaran dan pertahanan sipil—kami masih terus bekerja (hingga laporan ini dipublikasikan). Sudah tak terhitung tindakan telah dilakukan. Berikut contohnya:

CEO Vale
Eduardo Bartolomeo

Kewajiban kami adalah memetik pelajaran dari tragedi ini dan mengubah Vale menjadi perusahaan yang lebih manusiawi, berorientasi keselamatan dan keberlanjutan. Untuk mencapai hal ini, kami akan melakukan segala upaya untuk memikirkan kembali metode dan proses kami, tanpa melupakan tanggung jawab terhadap Brumadinho. Kami akan bekerja tanpa lelah untuk memastikan keselamatan di seluruh operasi kami.

Hari ini, komitmen kami adalah untuk melakukan lebih dari yang telah kami upayakan untuk mengubah Vale menjadi perusahaan yang diakui atas penghargaannya terhadap kehidupan dan lingkungan. Ini adalah target yang akan kita kejar mulai sekarang.”

Simak pernyataan dari CEO Vale

Tinjauan Umum
Tindakan Pemulihan

R$ 1,3 miliar digunakan untuk pengadaan obat-obatan, air, peralatan, dan biaya logistik lainnya
  • R$ 29 juta dalam bentuk sumbangan untuk Dinas Pemadam Kebakaran, Pertahanan Sipil, dan Kepolisian;
  • 76 ribu orang menerima manfaat dari Perjanjian Penyesuaian Awal;
  • R$ 9,3 miliar untuk perjanjian pendahuluan dan ganti rugi darurat;
  • 67 titik pemantauan analisis air dan sedimen;
  • 5 membran installed to impound sediments;
  • Investasi di River Fluvial Water Treatment Plant (dengan kapasitas pengolahan 2 juta liter air per jam) untuk mengurangi dampak lingkungan.
  • Hampir 630 hewan diselamatkan.

Berinvestasi dalam
Dry Processing

Vale telah mencari alternatif dan mengembangkan proyek yang menggunakan teknologi untuk mengurangi kebutuhan akan bendungan. Perusahaan menginvestasikan hampir R$ 66 miliar untuk memasang dan meningkatkan kapasitas pemrosesan kering dari bijih besi yang diproduksi di Brasil dalam 10 tahun terakhir. Pemrosesan kelembaban alami ini—tanpa air—tidak menghasilkan tailing, sehingga tidak memerlukan bendungan. Sampai lima tahun ke depan, estimasi investasi sekitar R$ 11 miliar untuk fasilitas pemrosesan serupa. Saat ini, hampir 60% dari produksi Vale adalah melalui pemrosesan kering, tetapi targetnya adalah 70%.

2008 - 2018 R$ 66 miliar
2019 - 2024 R$ 11 miliar
70% dari produksi melalui pemrosesan kering pada 2024

Sorotan dari
Laporan 2018

Kami terus mengembangkan diri dan berupaya mengubah sumber daya alam menjadi keberhasilan dan pembangunan berkelanjutan. Berikut ini beberapa aksi penting Vale sepanjang 2018.

Lingkungan
Hidup

Penggunaan kembali 83% air

yang dibutuhkan untuk produksi - volume yang setara dengan 956 juta m3

Perlindungan wilayah alami sepanjang 8.500 kilometer persegi

5,6 kali lebih besar dari total luas unit-unit operasional.

Pengurangan 30.400 ton emisi CO2 ke atmosfer

melalui revegetasi area terdampak dan/atau kompensasi - peningkatan 34% dibandingkan 2017

Pengurangan 85% emisi SOx

dari kompleks peleburan logam di Copper Cliff, melalui proyek Clean AER, di Kanada.

US$ 459,8 juta dihabiskan untuk aksi-aksi lingkungan.​

Social

124,9 ribu karyawan

(70,3 ribu karyawan langsung dan 54,6 ribu karyawan pihak ketiga), di mana 95,6 ribu karyawan berlokasi di Brasil.

US$ 116,5 juta dihabiskan untuk aksi sosial,

sebagian besar untuk infrastruktur dan mobilitas perkotaan, komunitas tradisional, masyarakat adat, serta penciptaan lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan.

Lebih dari 1,4 juta orang memanfaatkan kereta penumpang

di jalur Vitoria-Minas dan rel Carajas per tahun.

Pengembangan sosial menyentuh 4,777 anak-anak, remaja,

dan keluarga mereka di lima Knowledge Center (Maranhão, Minas Gerais, Espírito Santo, dan Pará) dan di Deodoro Training Center (Rio de Janeiro), yang didukung oleh Vale Foundation.

US$ 13,4 juta diinvestasikan oleh Vale Foundation di bidang sosial dan budaya,

serta pendanaan program di 67 wilayah administratif di Pará, Maranhão, Minas Gerais, Espírito Santo, dan Rio de Janeiro.

Beberapa Catatan Penting

Dukungan untuk Korban Topan Idai
Biopalma da Amazônia
Jejak Karbon

Menurut PBB, hampir 1,85 juta orang terkena dampak topan Idai di Mozambik, Maret 2019. Vale dan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Corridor Project membantu para korban dalam aksi kemanusiaan sekaligus sebagai tanggung jawab sosial. Di antara inisiatif tersebut adalah:

  • Sumbangan dana darurat kepada National Institute of Disaster Management (NIDM);
  • Biaya pelabuhan di Nacala dibebaskan untuk kegiatan pengiriman bahan pangan dari United Nations World Food Program (badan PBB) ke Beira dan Malawi;
  • Sumbangan perangkat kesehatan dan kebersihan bagi lebih dari 2.000 keluarga di Moatize;
  • Dialog dengan LSM dan lembaga lain untuk mengidentifikasi prioritas-prioritas dan menjaga kontribusi secara memadai;
  • Corporate Volunteer Program, didukung para karyawan, mengumpulkan aneka donasi, seperti pakaian, produk kebersihan, dan perkakas rumah tangga;
  • Pada bulan Mei, Vale menandatangani nota kesepahaman dengan Palang Merah Mozambik untuk memastikan pemanfaatan dana yang disumbangkan oleh perusahaan kepada para korban topan Idai dan Keneth.

Klik disini untuk mengunduh Laporan Keberlanjutan 2018

Klik disini