Laporan Keberlanjutan 2019 - PT Vale Indonesia Tbk

Laporan Keberlanjutan 2019 - PT Vale Indonesia Tbk

Sustainability Report 2020

Laporan
Keberlanjutan 2020
Reinforcing
and Inspiring

Sustainability Report 2020

Tentang Laporan

Reinforcing and Inspiring

“Reinforcing and Inspiring” menjadi semangat PT Vale untuk terus mendukung dan memberikan inspirasi bagi Negeri, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19. Kondisi pandemi sepanjang tahun 2020 telah memberikan banyak pembelajaran bagi kita semua untuk bertahan, berubah, dan saling berbagi. Tidak hanya berbagi dengan sesama kita, namun juga memberi perhatian pada lingkungan sekitar. PT Vale berkomitmen melakukannya dengan memberikan dukungan pada peningkatan kualitas hidup dan mendukung pengurangan emisi karbon.

Kami ingin terus berkontribusi..

Kami ingin terus menginspirasi..

Kami ingin meningkatkan kualitas kehidupan bagi generasi yang akan datang..

Unduh laporan dalam format PDF
+ Klik di sini

Topik Material

Topik material dalam Laporan mengalami perubahan dari periode sebelumnya, yaitu mengganti topik “Kepatuhan Lingkungan” menjadi topik “Emisi” dan “Energi”. Pemilihan topik material “Energi” dan “Emisi” dipilih agar kinerjanya dapat dikelola dan dipantau secara maksimal. Pemenuhan setiap topik material disesuaikan dengan dukungan pada Tujuan SDG ke-3, 5, 7, 11, 13, 16, dan 17.

icon Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kinerja Ekonomi

Kinerja Ekonomi

Emisi

Emisi

Energy

Energy

Komunitas Lokal

Komunitas Lokal

Rehabilitasi Pascatambang

Rehabilitasi Pascatambang

Kesehatan dan Keselamatan Kerja
#1

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

icon Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Nihil kecelakaan yang mengakibatkan fatality

9.571.366 jam kerja tanpa cedera

Di 2020

  • Merilis Safe Work Permit (SWP) sebagai standar yang diterapkan secara global di seluruh unit Vale. Untuk memastikan seluruh risiko telah diidentifikasi, kendali keselamatan telah disusun dan sesuai dengan Golden Rules Nomor 9 (Analisis Risiko).
  • Mengimplementasikan Golden Rules baru demi meningkatkan perlindungan keselamatan terhadap seluruh karyawan dan kontraktor/pemasok terhadap cedera dan fatality.
  • Ambil bagian dalam Global Accident Prevention Week 2020, yang melibatkan karyawan dan keluarga. Menekankan pentingnya menerapkan empat pilar pencegahan: Golden Rules, Critical Activities Requirements, SWP, dan Vale Production System. PT Vale menegaskan komitmennya terhadap “No safety, no production”.
  • Melanjutkan penerapan Hazard Identifcation and Risk Assessment (HIRA) untuk wilayah Sorowako.
Tackling Coronavirus
Tackling Coronavirus
Tackling Coronavirus

Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus

Perusahaan mengaktifkan Pandemic Preparedness Plan yang mencakup tiga hal:

  • Menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, keluarga karyawan, dan masyarakat sekitar;
  • Mengambil langkah antisipasi untuk meredam laju penyebaran infeksi;
  • Memastikan keberkanjutan operasional Perusahaan.

Langkah PT Vale dalam mencegah dan mengendalikan COVID-19 meliputi skrining, tes, pelacakan, perawatan, dan pemulihan.

  • Yang termasuk dalam skrining adalah pelaksanaan rapid test kepada seluruh karyawan dan kontraktor setiap tiga minggu, dan tes lanjutan berupa PCR.
  • Melakukan pelacakan kontak erat.
  • Upaya perawatan dan pemulihan dilakukan terhadap karyawan dan/atau kontraktor yang diidentifikasi mengalami gejala COVID-19. Perusahaan menyiapkan RS INCO di Sorowako dan 108 ruang isolasi sebagai fasilitas kesehatan untuk merawat pasien terkonfirmasi.
  • Mengaktifkan Employee Assistance Program (EAP), saluran konsultasi 24-jam bagi karyawan dan keluarga selama masa pandemi.
  • Melakukan pelatihan Inspektur COVID-19 yang diikuti oleh 60 orang dari berbagai departemen.
  • Menerapkan kebijakan bekerja dari rumah bagi karyawan bergejala, rentan terinfeksi COVID-19, dan bagi karyawan dengan fungsi-fungsi support, untuk menekan risiko terpapar Coronavirus.
  • Menyediakan paket kesehatan bagi karyawan yang bekerja di lapangan.

Keberhasilan PT Vale dalam mengendalikan pandemi COVID-19 di wilayah operasi tampak dari tidak dihentikannya kegiatan penambangan maupun produksi.

Unduh laporan dalam format PDF
+ Klik di sini

Kinerja Ekonomi
#2

Kinerja Ekonomi

Kinerja Ekonomi

Biaya produksi nikel dalam matte AS$6.898 per MT, lebih rendah dibanding 2019

Total produksi nikel dalam matte 72.237 MT, 98,9% dari target 73.000 MT

Total penjualan nikel dalam matte 72.846 MT, 99,8% dari target 73.000 MT

Pendapatan operasional AS$765 juta

Distribusi nilai ekonomi AS$730 juta

Kontribusi ke kas Negara

Salah satu bentuk distribusi nilei ekonomi adalah berupa pembayaran pajak dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada Pemerintah. Nilai pajak dan PNBP PT Vale berjumlah AS$72.995 ribu di 2020.

Unduh laporan dalam format PDF
+ Klik di sini

Emission & Energy
#3

Emission & Energy

Emisi
Energy

PT Vale berkomitmen mengelola gas rumah kaca (GRK) dengan menekan 33% emisi karbon di 2030 dan emisi karbon di rantai pasok sebesar 15% di 2035. Komitmen ini sejalan dengan peta jalan Vale Global menuju karbon netral di 2050.

Pengoperasian PLTA mengurangi emisi sebesar 1.118.231 ton CO2 eq per tahun (dibanding PLTD), dan 2.292.375 ton CO2 eq per tahun (dibanding PLTU batubara).

Menerapkan inisiatif Vale Power Shift yang fokus pada sumber energi baru terbarukan (EBT).

Inisiatif Power Shift diharapkan dapat berkontribusi untuk sekitar 40% rencana pengurangan jejak karbon.

  • Automasi dan penggunaan kecerdasan buatan, system elektrifikasi terbarukan, dan penggunaan bahan bakar alternatif untuk kegiatan penambangan.
  • PT Vale membatalkan Coal Conversion Project 2, meskipun proyek tersebut berkontribusi menekan beban finansial Perusahaan hingga sekitar AS$40 juta per tahun. Dengan membatalkan CCP 2, PT Vale dapat menghindari kenaikan emisi GRK sebesar rata-rata 200.000 ton CO2 eq per tahun.
  • Menggunakan 30% biofuel (BBN) Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebagai bahan bakar kendaraan operasional.

Unduh laporan dalam format PDF
+ Klik di sini

Komunitas Lokal
#4

Komunitas Lokal

Komunitas Lokal

PT Vale berkomitmen memberdayakan masyarakat di wilayah operasi dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Pada periode pelaporan, komitmen diwujudkan dengan dukungan dana sebesar AS$4.141.694, serta sinergi dengan pemerintah daerah.

Dukungan bagi Penduduk Asli

  • Pada 2020, PT Vale bekerja sama dengan komunitas lokal dalam program pertanian dan perikanan sehat ramah lingkungan berkelanjutan, sekaligus melakukan pendampingan dalam pengembangan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat Berbasis Herbal bagi masyarakat To Karunsi’e, To Padoe, To Tambee, To Taipa, To Weula, dan komunitas masyarakat lainnya.
  • PT Vale membangun infrastruktur penunjang kegiatan sosial dan ekonomi di Permukiman Dongi di Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda.
  • PT Vale bertemu dengan Pemerintah dan tokoh masyarakat untuk mencari resolusi, yang mengarah pada konsensus berdasarkan niat baik dan dialog terbuka. Pada April, Pemerintah mengklasifkasikan kembali kawasan Bumper sebagai kawasan pemukiman sementara bagi masyarakat Dongi Karunsi'e.

Menciptakan Nilai melalui Program Sosial

  • PT Vale melanjutkan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong komunitas lokal untuk berpartisipasi secara aktif dan mandiri dalam menciptakan pengembangan masyarakat lokal yang berkelanjutan.
  • Aktivitas PPM juga mencakup dukungan infrastruktur. Biayanya mencapai AS$1.644.250, atau 134% dari total anggaran 2020.
  • Biaya Program PPM mencapai AS$505.554 untuk Blok Pomalaa, Bahodopi, dan Sua-sua yang difokuskan untuk menyelesaikan program 2019. Program PPM 2020 akan dilanjutkan di 2021.

Kolaborasi Membangun Kawasan Perdesaan

  • Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) bertujuan mendorong pengembangan kawasan perdesaan yang mandiri dan kompetitif.
  • Di 2020, program dukungan pembiayaan PT Vale untuk Blok Sorowako mencapai AS$1.311.594 yang diwujudkan melalui pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi personel Badan Kerjasama Antar-Desa (BKAD) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma).

Kegiatan Kepedulian Lain

  • PT Vale memberi dukungan terhadap penanganan pandemi COVID-19 kepada Pemerintag Daerah Luwu Timur, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten. Kami juga memberi dukungan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Secara keseluruhan, dukungan yang diberikan sebesar AS$2,6 juta.
  • Membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sepanjang pandemi COVID-19 di empat wilayah pemberdayaan di Blok Sorowako, dengan nilai investasi AS$17.244.
  • Menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Bantuan berupa alat berat, tim Search and Rescue Team (SAR), dan logistik.

Unduh laporan dalam format PDF
+ Klik di sini

Rehabilitasi Pascatambang
#5

Rehabilitasi Pascatambang

Rehabilitasi Pascatambang

Dana reklamasi pascatambang di 2020 sebesar AS$4.169.683.

Mulai 2020, PT Vale juga melakukan kegiatan rehabilitasi lahan dan reforestasi lintas batas, di luar area operasional tambang.

Perusahaan merehabilitasi 176,24 ha lahan pascatambang, sehingga total keseluruhan lahan yang telah direklamasi seluas 3.021,44 ha. Kami berinisiatif meningkatkan komposisi pohon perintis lokal hingga 40% pada kegiatan revegetasi.

Unduh laporan dalam format PDF
+ Klik di sini

Laporan sebelumnya

Laporan Keberlanjutan 2020

+ Klik di sini