Menciptakan nilai melalui program sosial

Sekilas PPM

Menciptakan nilai melalui program sosial

​​

Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri ESDM No. 25 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Pertambangan Mineral & Batubara dan Keputusan Menteri ESDM No. 1824 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, selanjutnya dalam pelaksanaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale merujuk pada Rencana Induk (RI PPM) periode 2018-2030. Kerangka kerja ini merumuskan tujuan, sasaran, tata nilai, kebijakan, strategi operasional, program, dan kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peran Perusahaan yang selaras dengan Rencana Pembangunan Daerah.

Beberapa pilar strategis program yang juga merupakan arah kebijakan dan prioritas seperti bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Lingkungan, Kelembagaan, serta Infrastruktur, secara teknis operasionalnya dilakukan melalui 3 (tiga) pola dukungan, yaitu;

Sejalan dengan kebijakan operasionalnya, pola ini dilaksanakan dengan semangat penguatan kompetensi sumberdaya manusia, terpadu dengan kelembagaan masyarakat, dan semangat kemitraan.

Merupakan tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam merealisasikan rencana program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat secara sinergis, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip tersebut. Khususnya senantiasa mengedapankan tata kelola yang selaras dengan kepatuhan peraturan, nilai, dan norma berlaku. Sehingga program dapat berkelanjutan dan saling menciptakan nilai manfaat bersama (creating shared value).

Kegiatan peningkatan layanan dasar seperti aksesibilitas infrastruktur, pendidikan, kesehatan, organisasi kelembagaan lokal, serta pelestarian lingkungan, merupakan arah program yang menopang pengembangan derajat perekonomian masyarakat, sehingga mendukung terwujudnya penghidupan yang berkelanjutan (sustainable livelihood). Berbagai fasilitas sarana dan dukungan peningkatan kapasitas, direncanakan dan dikelola melalui kemitraan sehingga para pihak dapat menjadi bagian dalam mengambil peran dan menilai dampak perubahan dari indikator keberhasilan program yang dicanangkan bersama.