Tentang Vale

27/02/2018

PT Vale mencatat rugi bersih namun EBITDA positif untuk tahun 2017

PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale” atau “Perseroan”, IDX Ticker: INCO) mengumumkan pencapaian kinerja yang telah diaudit untuk tahun 2017. Harga realisasi rata-rata di tahun 2017 meningkat dibandingkan tahun 2016, akan tetapi diimbangi dengan produksi yang lebih rendah dan biaya konsumsi yang lebih tinggi.

"Walaupun harga realisasi rata-rata nikel meningkat sebesar 10% di tahun 2017, biaya konsumsi meningkat secara signifikan. Biaya bahan bakar dan batubara meningkat masing-masing sebesar 36% dan 39%, dalam basis biaya per unit. Kedua barang konsumsi ini merupakan item biaya terbesar PT Vale. Kombinasi dari harga nikel yang secara relatif masih tertekan, dan naiknya harga barang konsumsi, telah memberikan suatu tantangan yang unik bagi Perseroan di tahun 2017," kata Nico Kanter, CEO dan Presiden Direktur Perseroan.

Pengalaman ini menggarisbawahi pentingnya untuk tetap fokus pada optimalisasi kapasitas produksi, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. ”


Nico Kanter


"Kami yakin harga nikel di tahun 2018 akan tetap berfluktuasi. Ada juga ketidakpastian di pasar nikel dunia mengenai apakah kuota ekspor bijih Indonesia akan menambah kuota atau hanya mengganti pasokan bijih yang berkurang dari Filipina ke China," lanjut Nico Kanter.

Di tahun 2017, PT Vale memproduksi 76.807 metrik ton nikel dalam matte, menurun sekitar 1% dari produksi tahun lalu sebesar 77.581 metrik ton. Volume bijih yang telah diproses meningkat di tahun 2017, namun produksi nikel menurun disebabkan oleh kadar yang lebih rendah. Perseroan akan tetap fokus pada berbagai inisiatif penghematan biaya untuk mempertahankan daya saing Perseroan tanpa mengkompromikan nilai utama Perseroan: keselamatan jiwa merupakan hal terpenting.

Simak highlight dibawah ini

Highlight 4t17

Baca selengkapnya dengan mengunduh dokumen laporan kami dibawah ini.

Unduh

Siaran Pers 4T17 Laporan Keuangan Laporan Produksi


PT Vale mencatat rugi bersih namun EBITDA positif untuk tahun 2017