​​​ Laporan Keberlanjutan 2021 - PT Vale Indonesia Tbk

Laporan Keberlanjutan 2021 - PT Vale Indonesia Tbk

Petani saat panen padi organik .

Laporan
Keberlanjutan
2021

Embracing Our New Purpose

Kesadaran untuk menjaga bumi kita adalah tanggung jawab kita semua. PT Vale menyadari hal ini dan terus berusaha meningkatkan efisiensi energi melalui proses kegiatan dan mengurangi emisi sebagai tujuan kami, yaitu menuju net zero carbon. Kami melakukan perencanaan, menetapkan target dan tujuan, sebagai upaya kami untuk menjaga bumi kita lestari. "Embracing Our New Purpose" akan bercerita bagaimana kami melangkah untuk mewujudkan tujuan ini, untuk melanjutkan inspirasi yang telah kami lakukan, untuk kini dan masa depan.

Gemba atau kunjungan pimpinan PT Vale ke lokasi SRI Organik

Pesan dari CEO

Tahun 2021 ditandai sebagai dimulainya era baru bagi PT Vale, era pertumbuhan bisnis yang didorong oleh tujuan baru kami - Kita hadir untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengubah masa depan. Bersama.

Dekarbonisasi global menciptakan proyeksi peningkatan permintaan nikel yang signifikan, salah satu mineral penting yang diperlukan untuk transisi ke opsi energi yang lebih bersih. Nikel merupakan salah satu solusi untuk masalah perubahan iklim, oleh karenanya kami percaya bahwa penting untuk memastikan nikel yang ditambang dan diolah telah melalui proses yang berkelanjutan, terutama rendah karbon. Kami berkomitmen untuk mengurangi emisi GRK absolut sebesar 33% pada tahun 2030 dan menuju net zero pada tahun 2050.

Febriany Eddy
CEO dan Presiden Direktur

Portrait of Febriany Eddy

Sekilas PT Vale Indonesia

Didirikan 25 Juli 1968, lebih dari setengah abad beroperasi di Indonesia.

PT Vale Indonesia Tbk tumbuh menjadi salah satu perusahaan tambang mineral terkemuka, dengan komitmen jangka panjang untuk berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia yang berkelanjutan. Wilayah operasi kami berada di Sulawesi, Indonesia.


Telusuri lebih jauh

Tujuan kami

Kami hadir untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengubah masa depan. Bersama.

Kami percaya pertambangan penting untuk perkembangan dunia. Oleh karena itu, kami berusaha untuk melayani apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat, dengan bahan mentah dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan kehidupan, menjaga kelestarian bumi dan menghasilkan kesejahteraan bagi semua.

Telusuri lebih jauh

Tentang Laporan Keberlanjutan

Laporan kami disusun dengan mengacu pada standar Global Reporting Initiative (GRI) 2021, dengan kesesuaian: 'reference to the GRI Standards', Sustainability Reporting, Guidelines & Mining and Metals Sector Supplement (MMSS) GRI-4, 2007 Law No. 40, dan Peraturan OJK (POJK) No.51/POJK.03/2017. Laporan dan lampirannya juga mencakup indikator dari Sustainability Accounting Standard Board (SASB) dan Task Force on Climate-Related Financial Disclosures (TCFD).

Aerial view dari dam karebbe

Topik Material

Terdapat perbedaan proses penentuan topik material dari tahun sebelumnya yang hanya melibatkan pemangku kepentingan internal. Pada tahun ini, topik material ditentukan menggunakan survei melalui form sample survey dengan melibatkan, tidak hanya pemangku kepentingan internal, namun juga eksternal. Hasil diskusi menetapkan sepuluh topik material sesuai konteks keberlanjutan dan diselaraskan dengan dukungan pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Ada penambahan topik material 'Kesetaraan dan Keberagaman' dalam pelaporan tahun 2021.

Material Topics Matrix

Download Our Sustainability Report 2021 in PDF format

Unduh Laporan Keberlanjutan 2021 dalam format PDF

Kebijakan dan Strategi Keberlanjutan

Kami melaksanakan prioritas strategi sebagai bentuk komitmen kami dalam menjaga keberlanjutan di setiap kegiatan yang kami lakukan. Strategi Keberlanjutan ini kami kembangkan hingga tahun 2025. Dari prioritas strategi utama keberlanjutan hingga 2025, PT Vale menetapkan strategi keberlanjutan untuk tahun 2022, melanjutkan apa yang sudah dilakukan di tahun 2021. Strategi ini fokus pada komitmen mengurangi perubahan iklim; efisiensi energi dan air; melestarikan hutan; dan meningkatkan kontribusi sosial; sebagai langkah transisi ke penambangan Net Zero emisi.

Telusuri lebih jauh

pekerja revegetasi menemukan sayuran di lokasi rehabilitasi .

Lingkungan

Mengubah masa depan
dengan merawat hari ini.

Kinerja Keberlanjutan Pengelolaan Lingkungan

PT Vale berkomitmen untuk terus melakukan perlindungan terhadap lingkungan melalui dokumen Kebijakan PTVI's EHSS yang membahas mengenai kepatuhan Perseroan terhadap lingkungan yang sudah disetujui oleh CEO dan COO serta Kebijakan spesifik di setiap aspek lingkungan seperti efisiensi energi, penurunan beban emisi, pengelolaan limbah, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran dan konservasi keanekaragaman hayati.

ceo pt vale saat membawakan presentasi di COP 26

Menuju Net Zero Emisi Karbon

Kegiatan pertambangan selalu menimbulkan dampak negatif pada lingkungan yang tidak dapat dihindari. Namun demikian, kami terus berupaya untuk mengelola dampak tersebut sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan. Pengelolaan lingkungan tersebut ditegaskan dengan berbagai kebijakan, target, dan inisiatif. Kami menetapkan target jangka pendek dengan solusi efisiensi energi dan memaksimalkan pemakaian energi terbarukan; sementara target jangka menengah tahun 2030 adalah pengurangan 33% emisi absolut cakupan 1 dan cakupan 2. Adapun target jangka panjang adalah mencapai karbon netral (net zero emission) pada tahun 2050.

Peta Jalan Menuju Net Zero Emisi 2050

28,6 ton

CO2eq/ton Ni intensitas emisi GRK

Open

Intensitas Emisi GRK tahun 2021 adalah 28.6 ton CO2eq/ton Ni, naik sebesar 2% dari tahun 2020 sebesar 27,91 ton CO2eq/ton Ni. Hal ini terjadi karena adanya penurunan jumlah produksi nikel matte dan konsumsi bijih dengan kadar nikel yang lebih rendah dibandingkan tahun 2020

147.705

tons CO2eq reduksi emisi GRK

Open

Secara keseluruhan pada tahun 2021 kami berhasil menurunkan emisi GRK sebesar 147.705 ton CO2eq, atau sebesar 7% terhadap emisi GRK tahun 2020 sebesar, atau hingga 7,7% terhadap baseline emisi GRK 2017 yaitu sebesar 155.948 ton CO2eq.

0,77

intensistas emisi SO2 (Ton SO2/Ton Ni)

Open

Hasil penghitungan kadar emisi SO2 telah memenuhi ambang batas baku mutu yakni 0,80 Ton SO2/Ton Ni. Namun demikian PT Vale berkomitmen untuk mengurangi Emisi SO2 dengan terus melakukan kajian-kajian yang melibatkan para ahli dari akademisi dan praktisi.

Pengelolaan Energi dan Dukungan Ekonomi Rendah Karbon

Tahun 2021 kami melakukan penggantian transformer (trafo) di PLTA Larona LGS#1 untuk lebih menghemat energi. Kami juga mengelola penggunaan energi secara optimal dan efisien sesuai dengan kebijakan Efisiensi Energy tahun 2021 dengan melibatkan pemangku kepentingan, di antaranya para karyawan, kontraktor, maupun perusahaan mitra.

pekerja perempuan sedang memeriksa panel bersama rekan kerja

Vale Power Shift

Untuk mendukung kebijakan transisi menuju ekonomi rendah karbon pada masa mendatang, PT Vale menerapkan program internal Vale Global: Vale Power Shift. Program ini bertujuan membersihkan matriks energi yang dijalankan PT Vale dengan berfokus pada penggunaan energi terbarukan dan bahan bakar alternatif, serta efisiensi dengan menggunakan teknologi baru. Inisiatif yang terkait dengan Vale Power Shift diharapkan memberikan kontribusi sekitar 5% dari pengurangan yang direncanakan sampai dengan tahun 2030. Proyek Debottlenecking telah dilaksanakan pada tahun 2021 dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

pekerja memeriksa kondisi limpasan air di dam balambano.jpg

Konsumsi dan Efisiensi Energi

Total konsumsi energi tahun 2021 mencapai 24.633.246 GJ atau turun 10% dari tahun 2020 sebesar 28.004.485 GJ. Sumber energi terbesar berasal dari pemakaian batu bara sebanyak 9.340.201 GJ atau turun 22% dari tahun 2020 sebesar 11.371.381 GJ. Adapun PT Vale menggunakan energi terbarukan yang bersumber dari PLTA sebesar 24.633.246 GJ atau 32,2% dan sisanya sebanyak 67,8 berasal dari energi tak terbarukan.

Rehabilitasi Pascatambang

Kami mengelola dampak negatif dari proses pertambangan melalui realisasi rencana pascatambang. Kami berupaya melakukan rehabilitasi pada lahan pascatambang maupun lintas batas di wilayah lain, terutama pada lahan kritis. PT Vale terus melakukan rehabilitasi pascatambang dan menanam lebih banyak pohon dengan pembibitan di lahan 2,5 ha di Sorowako.

219.595

jumlah pohon ditanam

Open

10,761 jumlah pohon lokal - 22,206 jumlah pohon endemik

283,74

hektar lahan direhabilitasi

Open

Realisasi lahan rehabilitasi pascatambang tahun 2021 mencapai 283,74 ha, atau 1,3% lebih besar dari rencana dengan kumulatif 3.249,11 ha.

90 Ha

Lahan kritis dan DAS direhabilitasi

Open

Pada tahun 2021 kami telah menyerahkan 90 Ha lahan kritis dan daerah aliran sungai (DAS) yang telah direhabilitasi kepada Kementerian LHK sebagai bentuk pemenuhan kewajiban pemegang IPPKH. Lahan yang diserahterimakan berada di kawasan hutan lindung di Desa Kawata dan Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur.

1.000

bibit tembeuwa

Open

PT Vale bersama pemerintah dan masyarakat menanam 1.000 bibit tembeuwa di Muara Tapolemo, pesisir Danau Matano, Kabupaten Luwu Timur, dalam upaya rehabilitasi dan menjaga ekosistem danau, khususnya area pesisir. Tembeuwa (Kjellbergiodendron celebicum) merupakan jenis vegetasi yang banyak dijumpai di tepi Danau Matano, dan flora endemik Sulawesi.

Droplets

Kualitas Efluen

Dari hasil pemeriksaan pada tahun 2020, diketahui kualitas hasil olahan efluen telah memenuhi baku mutu. Analisis dilakukan laboratorium independen terakreditasi, menggunakan metode SNI 6989.59:2008 Air dan Air Limbah dan metode standar American Public Health Association (APHA).

Telusuri lebih jauh
petani organik binaan pt vale sedang merapikan petak sawah .

Sosial

Menggunakan kemampuan mobilisasi kami untuk melakukan sesuatu yang luar biasa.

Kinerja Keberlanjutan Pengelolaan Sosial

Karyawan dan masyarakat adalah bagian dari keluarga PT Vale. Kami bersama membangun dan hidup berdampingan untuk bertumbuh, berdaya, dan menjaga kesehatan, keselamatan, serta kelestarian lingkungan.

Aman, Selamat, dan Sehat di Tempat Kerja

Kegiatan pertambangan yang dijalankan PT Vale dikelola dengan ketat melalui penerapan Sistem Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batu bara (SMKP Minerba). Komitmen kami adalah nihil kecelakaan kerja fatal dan meminimalkan penyakit akibat kerja (PAK). Selama tahun 2021 Perseroan berhasil mencapai nihil kecelakaan kerja fatal dan mencatatkan 5.006.592 jam kerja selamat.

64

kegiatan pelatihan K3

Open

Tahun 2021 Perseroan menyelenggarakan dan menyertakan karyawan maupun pekerja kontraktor pada pelatihan K3. Terdapat 64 kegiatan pelatihan K3 yang diikuti 37.248 peserta Beberapa pelatihan K3 merupakan sertifikasi untuk meningkatkan kompetensi pekerja.

75,18%

tingkat kepatuhan SMKP

Open

Audit SMKP Minerba pada tahun 2021 dilakukan secara internal oleh auditor PTVI yang memiliki sertifikat audit SMKP. Hasil audit menunjukkan tingkat kepatuhan 75,18%.

0,70

Tingkat Kekerapan Cidera Tercatat

Open

Selama tahun 2021, tingkat rata-rata terjadinya kecelakaan berakibat cidera sebesar 0,20%, sedangkan untuk insiden hampir celaka terjadi sebanyak 77 insiden yang terdiri dari 70 PT Vale dan 7 kontraktor/pemasok. Penghitungan statistik kinerja K3 untuk Severity Rate dan Frequency Rate, dilakukan dengan pendekatan per 1.000.000 jam kerja orang. Penghitungan tidak menyertakan pengecualian sehingga termasuk karyawan PT Vale dan kontraktor.

Emas

Penghargaan P2 HIV/AIDS dan COVID-19

Open

Kami menerima Penghargaan Emas dari Kementerian Tenaga Kerja Bidang Pencegahan HIV/AIDS dan Program Pengendalian (P2 HIV/AIDS) dan Penanggulangan COVID-19 (P2 COVID-19), atas penyelenggaraan kegiatan promosi kesehatan non-PAK tentang pencegahan HIV/AIDS dan pandemi COVID-19 bagi karyawan dan pekerja kontraktor/pemasok.

Keberagaman dan Kesempatan Setara

Kami Menghargai Hak Asasi Manusia Dengan Menerapkan Komitmen Kesetaraan Gender. Keberagaman merupakan hal mendasar bagi PT Vale untuk membangun lingkungan kerja transparan dan saling menghormati.

Kami memiliki kebijakan tentang hak asasi manusia yang terdapat di alam Code of Conduct (CoC) dan mengacu pada Prinsip-Prinsip Panduan Hak Asasi Manusia PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia. Setiap tahun seluruh karyawan kami mengikuti pelatihan kebijakan HAM.

2.570

karyawan lokal

Open

Pada akhir tahun 2021 jumlah karyawan lokal terdapat ada 2.570 orang, atau 86,6% dari total karyawan PT Vale dan sebanyak 51,8% sebagai staf senior. Selain karyawan PT Vale, terdapat pekerja lain, yakni pekerja kontraktor/pemasok dengan mayoritas adalah penduduk lokal.

256

Karyawan Perempuan

Open

Hingga akhir 2021, terdapat 256 karyawan perempuan (8,63% dari total karyawan) dan 3 pegawai penyandang disabilitas.

121.781

Total Jam Pelatihan

Open

Selama tahun 2021 kami menyelenggarakan kegiatan pelatihan karyawan guna meningkatkan kompetensi mereka, dengan total jam pelatihan mencapai 121.781 jam. Dengan demikian rata-rata jam pelatihan per karyawan pada periode pelaporan adalah 41 jam per orang.

Komunitas yang Berdaya dan Sejahtera

Keberadaan PT Vale telah memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Selama periode pelaporan kami melanjutkan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) sesuai Rencana Induk PPM PT Vale 2018-2025, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan mengalokasikan biaya sebesar AS$29.241.288.

AS$2,6 juta

jumlah dana untuk Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

43,205

individu, perkiraan jumlah penerima manfaat dari 38 Desa.

Penilaian Dampak Sosial

Kami telah melakukan penilaian dampak sosial dengan melibatkan pemangku kepentingan pada seluruh wilayah operasi. Hasil penilaian dampak sosial menunjukkan kebutuhan dari komunitas, pemetaan kelompok pemangku kepentingan yang rentan, kesempatan kerja sama dengan pemerintah daerah, dan penyediaan saluran keluhan.

Kami melanjutkan pengelolaan dampak sosial dengan melaksanakan program PPM dan Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM). Investasi sosial lain yang dijalankan adalah kemitraan dan kontribusi strategis yang disesuaikan hasil pemetaan pemangku kepentingan, serta rencana pembangunan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Pemetaan pemangku kepentingan mencakup wilayah Sorowako, Bahodopi, dan Pomalaa.

Pengelolaan Dampak Negatif Tahun 2021

Pengelolaan Dampak Sosial Terhadap Kelompok Rentan

Salah satu prioritas dalam pengelolaan dampak sosial adalah kelompok masyarakat lokal yang dipahami termasuk dalam kelompok rentan. Selama tahun 2021 kami tetap menjalankan kesepakatan yang pernah ada dengan masyarakat lokal, sesuai dengan arah dan kebijakan program PPM. Kami melanjutkan kerja sama Program Pengembangan Pertanian dan Perikanan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (Program P3SRLB) dalam bentuk pembangunan infrastruktur dan sarana dan prasarana penunjang P3SRLB. Kegiatan P3SRLB yang dilakukan selama tahun 2021, antara lain:

  • Pembangunan Balai Pertemuan - Dusun Tabarano
  • Budidaya Sayur Organik - Dusun Dongi
  • Demplot Sayur Organik - Kelompok Padoe
  • Demplot Padi & Sayur Organik - Kelompok Karunsie
  • Optimalisasi Rumah Kompos - Kelompok Taipa

Pemukiman Dongi, Kec. Wasuponda

Sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat lokal di area pemukiman warga Dongi di Kec. Wasuponda, PT Vale juga melaksanakan pengembangan infrastruktur dan Program P3SRLB sepanjang 2021.

Dalam hal pengembangan infrastruktur, PT Vale melakukan renovasi terhadap rumah penduduk, pembangunan drainase serta perbaikan jalan. Pada sektor sosial ekonomi, perusahaan juga melakukan pendampingan dan pengembangan kapasitas teknis budidaya P3SRLB kepada kelompok-kelompok di area Pemukiman Dongi.

Membangun Sinergi dengan Pemerintah

PT Vale bersama Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB), meliputi penerapan program PPM dan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM). Penandatangan tersebut dilakukan untuk mensinergikan program dan kegiatan yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pemberdayaan PT Vale.

Bersama Membangun Kawasan Perdesaan

Pada periode pelaporan, Perseroan melanjutkan realisasi RI-PPM 2018 – 2022, mencakup empat kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, yakni Kecamatan Nuha, Malili, Wasuponda, dan Towuti. Dukungan yang diberikan PT Vale pada tahun 2021 di antaranya pembiayaan program di Blok Sorowako sebesar AS$2.798.091. Realisasi program ini antara lain:

  • Pendidikan senilai AS$57.123
  • Kesehatan senilai AS$836.604
  • Tingkat Pendapatan Riil senilai AS$690.304
  • Kemandirian Ekonomi senilai AS$530.387
  • Sosial Budaya AS$135.457
  • Sosial Lingkungan (Partisipasi Masyarakat) senilai AS$76.9
  • Kelembagaan Komunitas Masyarakat senilai AS$471.278

Pembangunan Infrastruktur yang Menunjang PPM

Pelaksanaan program PPM juga mencakup dukungan pembangunan infrastruktur penunjang program PPM. Pada tahun 2021, realisasi biaya infrastruktur penunjang PPM di Blok Sorowako meliputi Kecamatan Nuha, Kecamatan Wasuponda, Kecamatan Towuti, dan Kecamatan Malili mencapai AS$1.569.563 atau 32% dari total biaya sebesar AS$4.892.895.

Realisasi infrastruktur penunjang di antaranya:
  • Pengembangan infrastruktur untuk mendukung kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat yang bermukim di Perkampungan Dongi, Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda.
  • Penyediaan sarana dan prasarana listrik dan penerangan untuk fasilitas publik, masyarakat di wilayah Kecamatan Nuha dan kebutuhan pompa untuk mensuplai air di wilayah Kecamatan Towuti yang dimanfaatkan oleh masyarakat di 8 Desa yakni Desa Asuli, Wawondula, Langkea Raya, Baruga, Lioka, Matompi, Timampu, dan Pekaloa.
  • Penyediaan dan perbaikan fasilitas publik berupa penyediaan sarana olahraga futsal di Desa Balantang, Gedung Serbaguna (GSS), perbaikan pintu air untuk pengairan sawah di Desa Laskap, dan penataan fasilitas publik lainnya.
  • Tahun 2021, PT Vale juga melakukan perbaikan jaringan pipa air bersih serta pengelolaan pendistribusian air bersih dan penyediaan layanan mobil tangki air di 8 Desa di wilayah Kecamatan Towuti.
  • Renovasi dan hibah bangunan Puskesmas di Desa Bahomatefe, Kecamatan Bungku Timur melalui mekanisme penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemerintah Kabupaten Morowali.
pekerja perempuan pt vale sedang melaporkan kondisi lapangan .

Tata Kelola

Kinerja Keberlanjutan Penerapan Tata Kelola

Penerapan tata kelola menjadi dasar bagi semua kegiatan operasional dan kemasyarakatan PT Vale untuk menciptakan keberlanjutan yang lebih bernilai, serta meningkatkan kepercayaan semua pemangku kepentingan.

Photo of several seedlings of plants on the ground.

Tata Kelola Keberlanjutan

PT Vale mewajibkan Dewan Komisaris, Direksi, pejabat perusahaan, karyawan, dan pihak-pihak yang berelasi untuk bertindak dengan tanggung jawab, jujur, percaya diri, hormat dan loyal; serta mematuhi kewajiban hukum yang berlaku.

Mouse cursor Klik pada box di bawah ini

Struktur Tata Kelola

Kami memastikan tidak ada hubungan semenda di antara anggota Direksi dan Dewan Komisaris, maupun antar-mereka, yang dapat menimbulkan benturan kepentingan. Tidak ada Pemegang Saham yang memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung dengan pemasok maupun rantai pasok perusahaan. Selama periode pelaporan tidak ada hal-hal yang mengindikasikan terjadinya benturan kepentingan dalam setiap keputusan yang dibuat PT Vale.

Telusuri lebih jauh

Pendelegasian Kewenangan

Sampai dengan akhir periode pelaporan, PT Vale belum menunjuk secara langsung anggota Direksi yang bertanggung jawab atas kinerja keberlanjutan. Tanggung jawab dan pengambilan keputusan dalam pengelolaan keberlanjutan masih menjadi tanggung jawab kolektif seluruh Direksi di bawah koordinasi Direktur Utama sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan pengawasan Dewan Komisaris.
Setiap anggota Direksi dapat mendelegasikan tanggung jawabnya dalam penerapan tata kelola keberlanjutan kepada pejabat perusahaan di bawahnya, sesuai bidang tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Dukungan pada Antikorupsi

Kami memiliki zero tolerance untuk korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi. Perseroan menyediakan berbagai saluran yang bisa dimanfaatkan para pemangku kepentingan untuk menyampaikan informasi maupun laporan setiap pelanggaran atau indikasi korupsi.

Selama periode pelaporan PT Vale menyetujui 421 permohonan hadiah dan keramahtamahan, dari total 456 permohonan yang diajukan. Selama periode pelaporan PT Vale tidak menerima pengaduan terkait pelanggaran antikorupsi, baik yang dilakukan oleh karyawan maupun mitra kerja.

Kepatuhan pada Kode Etik dan Saluran Pelaporan Pelanggaran

Perseroan melaksanakan berbagai kebijakan internal yang menjadi pedoman dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Kebijakan internal Perseroan, salah satunya adalah Kode Etik dan Perilaku. Kami menyediakan beberapa saluran untuk menyampaikan pelaporan pelanggaran. Hal-hal yang dapat dilaporkan antara lain korupsi, konflik kepentingan, diskriminasi, dan lain sebagainya yang tidak anggap melanggar peraturan dan tidak sesuai dengan kode etik Perseroan.

Telusuri lebih jauh

33 laporan

Selama tahun 2021 VWC menerima 33 laporan ke VWC. Seluruh laporan akan ditentukan untuk ditindaklanjuti dengan suatu investigasi atau tidak. Investigasi dapat dilakukan internal maupun oleh pihak eksternal yang ditunjuk.

16 karyawan

mendapat sanksi teringan berupa pengarahan tertulis, 40 karyawan mendapatkan peringatan tertulis.

Efektivitas Proses Pengelolaan Risiko Atas Penerapan Keberlanjutan

Pengelolaan risiko atas penerapan keberlanjutan menjadi bagian dari penerapan Framework for Integrated Risk Management (FIRM), yang disusun sesuai standar ISO 31000.

Kinerja Ekonomi Untuk Membangun Negeri

Sepanjang tahun 2021, PT Vale berhasil melakukan pemeliharaan kritikal dalam proses operasional dan menjaga realisasi produksi dan penjualan, walaupun tantangan dalam menanggulangi pandemi COVID-19 masih menjadi tanggung jawab kita bersama

65.388

metrik ton nikel dalam matte

Open

Pada tahun 2021 kami mampu memproduksi 65.388 metrik ton nikel dalam matte, sementara realisasi penjualan mencapai 66.615 metrik ton, dan pendapatan usaha sebesar AS$953,17 juta.

AS$8.430

rata-rata biaya produksi per ton

Open

Realisasi rata-rata biaya produksi nikel dalam matte tahun 2021 mencapai AS$8.430 per ton, meningkat dari tahun 2020 sebesar AS$6.898 per ton karena dari kenaikan harga energi.

842.205

Ribu AS$ total distribusi nilai ekonomi

Open

Selama tahun 2021 kami berhasil mengoptimalkan nilai ekonomi konsolidasian yang dihasilkan dari perolehan Pendapatan Usaha serta Laba Usaha.

Nilai Ekonomi Dihasilkan dan Didistribusikan

Selama tahun 2021 kami berhasil mengoptimalkan nilai ekonomi konsolidasian yang dihasilkan dari perolehan Pendapatan Usaha serta Laba Usaha. Laporan ini menyampaikan informasi nilai ekonomi dihasilkan dan didistribusikan, yang mencakup operasional PT Vale di Indonesia.

Nilai Ekonomi Dihasilkan dan Didistribusikan

Kontribusi pada Penerimaan Negara dan Kebijakan Terkait Pajak

Total pembayaran pajak dan PNBP pada tahun 2021 mencapai AS$113.080 ribu, naik 55% dari tahun 2020 sebesar AS$72.995 ribu. Hal ini terjadi karena adanya kenaikan harga nikel yang menjadi salah satu faktor dalam formula pembayaran kewajiban royalty dan water levy (Pajak Air Permukaan untuk PLTA) serta Pajak Penghasilan Badan karena kenaikan Laba Kena Pajak.

Telusuri lebih jauh

Kami ingin mendengar dari Anda!

Ada pertanyaan atau komentar tentang Laporan Keberlanjutan? Kirimkan ke kami!

Lembar Umpan Balik

Laporan sebelumnya

Laporan Keberlanjutan 2020

Klik di sini